Memory Habis? Hapus Aplikasi yang tak terpakai


Sekarang ada setidaknya lebih dari 3 juta aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan semua nya menampilkan preview semenarik mungkin membuat tergoda untuk mencoba menginstalnya.

Masalahnya, memory perangkat android cukup terbatas dan akhirnya penuh dengan aplikasi coba-coba yang tidak di perlukan lagi tapi masih menghuni ruang memory yang ada.

Sekarang saatnya membersihkan perangkat dari aplikasi yang sudah diinstal tapi tidak digunakan. Tapi bagaimana cara membersihkan perangkat smartphone dari semua aplikasi atau game yang sudah tidak pernah di sentuh tersebut.

mengatasi Memory smartphone Habis

Jika anda bingung bagaimana cara menuninstal apikasi tersebut, jangan khawatir, disini akan di terangkan panduan sederhana tentang cara menguninstal aplikasi di Android.

Tips sederhana sebelum membersihkan perangkat smartphone android, jika anda tidak berniat menginstal ulang aplikasi yang anda hapus, luangkan waktu untuk “Clear Data” pada aplikasi yang akan anda Uninstal.

Anda dapat menemukan tombol ini di bagian keterangan Apl yang bersangkutan dekat dengan tombol “Uninstal” / “Copot Pemasangan”.

Hal ini untuk memastikan agar aplikasi tersebut tidak terlalu banyak meninggalkan data yang mungkin tersimpan di memory card atau memory ponsel.

Tapi jika anda hanya berencana menguninstalnya sementara dan akan menginstal aplikasi tersebut suatu hari nanti maka anda tidak perlu melakukan Clear Data sehingga data anda masih tersedia ketika anda menginstall aplikasi tersebut nantinya.

Perlu diketahui, beberapa aplikasi pada handphone mungkin tidak bisa dihapus dari perangkat anda. Ada aplikasi yang sudah ditanamkan oleh produsen Smartphone atau operator yang sudah bekerja sama dengan produsen smartphone.

Anda hanya dapat menghapus aplikasi seperti ini setelah melakukan rooting pada perangkat anda. Tapi jangan khawatir karena biasanya aplikasi bawaan pabrik ini bisa di nonaktifkan jika anda tidak membutuhkan.

Jika memang anda ingin menghapus aplikasi bawaan pabrik tersebut, anda harus me-root perangkat anda dan langkah ini perlu sedikit pengetahuan teknis yang memadai.

Bagaimana cara Uninstal aplikasi di Android

Untuk menghapus aplikasi di android tidak lah sulit ada dua metode yang akan dijelaskan disini. Metode pertama adalah yang paling simple banyak ditemukan pada perangkat produsen Smartphone umumnya.

Uninstal aplikasi android lewat menu Setting
  1. Tap Apps
  2. Cari Aplikasi dalam daftar yang ingin anda hapus
  3. Kemudian pilih Uninstal

Uninstal aplikasi langsung di menu Utama

Cara kedua adalah menguninstal langsung lewat icon aplikasi di menu utama. Cara ini bisa ditemukan pada perangkat Samsung, caranya :
  1. Temukan aplikasi yang ingin di uninstal pada menu utama
  2. Tekan tahan pada ikon aplikasi tersebut hingga muncul pop-up menu dengan beberapa pilihan yang salah satunya Uninstal
  3. Tap pada pilihan uninstal, Untuk aplikasi yang tidak bisa di uninstal, anda bisa memilih opsi Disable.

Itulah cara yang bisa dilakukan ketika memory perangkat android sudah penuh dan anda ingin menguninstal beberapa aplikasi yang tidak di perlukan.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment