Panduan khusus bagi pengguna android pemula

Apakah anda pengguna baru smartphone berbasis Android? informasi singkat bagi pengguna baru smartphone Android ini mungkin bisa membantu anda mengoperasikan ponsel pintar tersebut.

Mungkin anda baru saja beralih ke handphone android setelah sekian lama menggunakan handphone Blackberry atau melakukan lompatan besar dari handphone candybar yang masih pakai JAVA yang harus menekan keypad 3x untuk mendapatkan huruf “F”.

Kita semua tahu bagaimana cara melakukan panggilan telepon, atau mengirim SMS dari sebuah ponsel.

Tapi bagaimana memanfaatkan ponsel pintar dengan segala fitur pintarnya agar kepintarannya tidak sia-sia.

Kali ini kita kan melihat panduan basic terkait handphone android, point-point penting yang anda temukan di perangkat Android anda dan di ponsel android pada umumnya.

Satu hal yang membuat android menjadi sedikit rumit adalah karena kebijakan masing-masing merk seperti Samsung, Sony, Motoral atau Google dalam memproduksi ponselnya akan mempengaruhi tampilan antar-muka dan cara pengguna mengoperasikannya.

Meskipun demikian, tetap ada benang merah yang tetap sama pada setiap ponsel android meskipun di produksi oleh merk yang berbeda.

Dioperasikan dengan sentuhan dan beberapa ponsel bahkan sudah tidak memiliki tombol fisik lagi kecuali tombol Power, Volume Up dan Down.

Hal pertama yang akan kita lihat adalah HOME Screen, adalah halaman utama yang akan anda lihat ketika mengaktifkan ponsel.

Ada banyak hal menarik yang dikemas ke dalam satu layar ini, dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih produktif menggunakan perangkat Android mana pun yang Anda miliki.

Notification Center

Bagian paling atas dari Layar Utama, memberi tahu Anda sedikit tentang apa yang terjadi dengan smartphone atau tablet Anda.

Di sisi kanan, menampilkan informasi seperti berapa banyak bar yang Anda dapatkan dengan operator atau koneksi Wi-Fi Anda, berapa banyak masa pakai baterai yang tersisa dan Informasi waktu (Jam).

Sedangkan di Sisi kiri bar ini membuat Anda dapat mengetahui jenis notifikasi yang Anda miliki.

Misalnya, jika Anda melihat ikon Gmail, itu artinya Anda memiliki pesan email baru. Ikon baterai juga menunjukan kondisi baterai terkini.

Anda dapat membaca pemberitahuan lengkap dengan mengarahkan jari Anda ke bagian atas layar, yang menampilkan tampilan cepat pemberitahuan Anda, lalu menggesekkannya ke bawah dengan jari Anda, untuk membuka pemberitahuan yang lebih lengkap.


Search bar

Google search bar yang ada di halaman utaman ini sering kali terlupakan oleh kebanyakan pengguna ponsel android, padahal fitur ini bisa menjadi jalan pintas yang bagus. Anda bisa mendapatkan akses cepat ke penelusuran suara Google dengan mengetuk ikon mikrofon di sisi kiri bilah penelusuran.


Aplikasi dan Widget

Bagian utama layar Anda ditujukan untuk aplikasi dan widget, yaitu aplikasi kecil yang berjalan di layar utama Anda seperti jam.

Jika Anda menggesek dari kanan ke kiri, Anda dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya. Anda akan melihat bilah penelusuran dan ikon di bagian bawah layar tetap sama saat Anda berpindah ke halaman baru.


Dock

Keberadaan dok aplikasi di bagian bawah layar ini sering terabaikan tapi akan sangat berguna jika Anda bersedia memanfaatkannya.

Bergantung pada perangkat Anda, Dock biasanya dapat menyimpan hingga tujuh aplikasi. Dan mereka tetap hadir tidak peduli halaman Home Screen mana Anda berada, mereka membuat jalan pintas ke aplikasi Anda yang paling sering digunakan. Tapi yang keren adalah Anda bisa meletakkan folder di Dock, yang memberi Anda akses cepat ke lebih banyak aplikasi.


App Drawer

Mungkin salah satu Ikon yang paling penting di Dok adalah App Drawer ini. Folder khusus ini memberi Anda akses ke setiap aplikasi yang telah Anda pasang dan aktifkan di ponsel cerdas atau tablet Anda yang tercantum dalam urutan abjad, jadi jika Anda mengalami masalah saat menemukan aplikasi, App Drawer dapat menjadi teman terbaik Anda. App Drawer biasanya digambarkan oleh lingkaran putih dengan titik-titik hitam berbaris di bagian dalam.


Tombol Android

Tidak seperti perangkat ponsel jaman dulu sebelum era Android dimana setiap ponsel memiliki tombol fisik cukup banyak bahkan cenderung lengkap seperti tombol qwerty yang di populerkan Blackberry kala itu.

Baca juga : Beragam OS handphone yang pernah ada

Di handphone android anda hanya akan menemukan tiga buah tombol fisik yang benar-benar berbunyi dan terasa jika di tekan.

Tombol ini berada di sisi ponsel yang berfungsi sebagai tombol power dan tombol Volume Up dan Down. Di beberapa smartphone, kombinasi menekan tombol power + volume Up / Down secara bersamaan dapat berfungsi untuk Screenshot layar.

Selain tiga tombol tersebut, ada lagi dua atau tiga tombol yang berada di bawah layar, tombol di bagian bawah layar ini ada yang berupa tombol fisik ada juga yang hanya tombol virtual atau tombol “on screen”.

Tombol di bagian bawah layar ini umumnya dibedakan menjadi tiga bentuk ikon yang berbeda yaitu; ikon lingkaran, segitiga, dan kotak atau kotak yang saling bertumpuk satu sama lain.

Lingkaran, Untuk tombol bergambar ikon lingkaran yang biasanya berada di tengah dengan ukuran beragam tergantung merk ponsel, berfungsi sebagai tombol Home, tombol ini akan membawa anda keluar dari aplikasi dan kembali ka layar utama.

Segitiga atau tanda panah, tombol dengan lambang segitiga yang menunjuk kekiri ini berfungsi sebagai tombol Back, layaknya tombol Back saat anda browsing.

Kotak, tombol ini berfungsi sebagai Task Manager, menekan tombol ini di posisi layar utama maka akan menampilkan semua aplikasi yang terakhir di buka. Ini memungkinkan anda beralih antar aplikasi dengan cepat atau menutup aplikasi dengan menutup tombol “X” di sudut kanan atas.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment