Apa Perbedaan PTP dan MTP di Android?

Pernahkah Anda menghubungkan Smartphone Android ke PC atau Laptop? Kalau belum pernah, cobalah sekali-kali.

Tapi masa' sih belum pernah?? mungkin duluu pernah, tapi sekarang sudah lupa kapan itu terjadi :D

Memang Smartphone jaman now tidak terlalu bergantung dengan PC / Laptop. Asal bisa online, Smartphone bisa apa saja tanpa bantuan PC. Upgrade yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan bantuan PC sekarang tidak lagi.

Backup data yang dulunya harus di simpan ke PC sekarang tidak lagi, penyimpanan cloud menjadi tempat backup paling aman dan nyaman tanpa takut hilang, rusak, error, seperti ketika membackup ke hardisk komputer / laptop yang bisa saja rusak atau terserang virus.

Tapi tahukah Anda ketika menghubungkan ponsel melalui kabel USB ke PC atau Laptop akan muncul pilihan PTP atau MTP?

Kalau Anda belum tahu, Coba sekarang sambungkan smartphone Android Anda ke PC atau Laptop mu ini.

Benar kan, ada pilihan PTP dan MTP?

Jadi, Apa perbedaan PTP dan MTP di handphone Android ini?


Perbedaan PTP dan MTP di Android.

# PTP

PTP adalah singkatan dari Picture Transfer Protocol, dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak fungsinya seperti beraroma picture-pikture gitu...

Koneksi PTP lebih ditujukan ke keperluan transfer file gambar, karena keperluannya lebih spesifik maka proses transfer gambar dari smartphone ke PC atau sebaliknya akan lebih cepat.

Jadi, ketika anda menghubungkan samrtphone ke PC/Laptop melalui kabel USB dan memilih Mode PTP maka anda tidak akan bisa memindahkan type data lain selain Image.


# MTP

Selain PTP ada Mode MTP yang merupakan singkatan dari Media Transfer Protocol, Mode koneksi ini lebih fleksibel dan akan mengakses/membuka lebih banyak folder yang ada di memori ponsel baik internal maupun aksternal.

Mode Koneksi ini bisa digunakan untuk transfer bermacam type file dari dan ke Smartphone

Koneksi MTP membuat Smartphone berfungsi layaknya Flashdisk, meskipun tidak semua data yang ada di memori terbaca, khususnya data-data penting yang terkait dengan system operasi, tidak akan dapat terlihat dengan mode sambungan MTP ini.

Berbeda dengan mode koneksi UMS (USB Mass Storage) yang memungkinkan untuk mengakses semua data di memori smartphone hingga ke akar-akarnya. Tapi mode koneksi UMS tidak lagi diterapkan pada smartphone android karena beresiko membuat file system terhapus secara tidak sengaja oleh user.

Mode MTP sendiri mampu melayani transfer data hingga 4GB dalam sekali proses transfer data.


Jadi sekarang anda sudah tahu mode apa yang harus dipilih ketika menghubungkan samrtphone ke komputer/laptop.

Jika hanya ingin memindah foto dan gambar ke komputer, bisa pakai mode PTP biar proses transfer datanya lebih cepat. Tapi jika ingin memindahkan beragam type file seperti mp3, dokumen, gambar, Apk, dll, maka pilihlah mode MTP.

Share Informasi "Apa Perbedaan PTP dan MTP di Android?" ini ke temanmu :)