Perbedaan baterai Removable dan Non-Removable

Sebuah smartphone dapat bekerja sesuai fungsinya karena didukung sumber daya dari baterai yang menempel didalamnya.

Metode pemasangan baterai pada ponsel terbagi menjadi dua yaitu; yang tipe Removable dan non-removable.

Lalu, apa perbedaan dari dua type baterai ini?

Yang paling jelas terlihat dari penggunaan bahasanya; baterai removable adalah type baterai yang memiliki kemampuan untuk di lepas dengan mudah sedangkan non-removable adalah sebaliknya.

Ponsel dengan baterai removable akan lebih mudah melepas baterainya lewat penutup belakang ponsel yang bisa dibuka dengan atau tanpa bantuan alat.

Type baterai removable sudah ada sejak lama, bahkan jauh sebelum Nokia menguasai pasar ponsel dunia dengan hape sejuta umatnya yaitu 3310 series.

Sedangkan pada ponsel dengan baterai non-removable, posisi baterai tersimpan rapi didalam casing ponsel.

Baterai type ini tidak dapat di-akses dengan mudah dan dibutuhkan alat khusus bahkan pengetahuan khusus untuk bisa melepas/mengganti baterainya jika sudah mulai soak.

Oleh karenanya, type baterai non-removable biasanya menggunakan baterai Li-po (Lithium Polymer) karena memiliki kapasitas yang lebih besar namun dengan ukuran yang lebih tipis dan kemampuan baterai cycle yang lebih panjang sehingga lebih awet.

Meskipun namanya non-removable, bukan berarti baterai jenis ini tidak bisa diganti. Tentu saja bisa, hanya saja tidak semudah seperti mengganti baterai Removable dan terkadang harus di bawa ke servis center hanya untuk mengganti baterainya.

Jadi sekarang anda sudah tau apa perbedaan baterai Removable dan non-Removable pada ponsel, terus apa kelebihan dan kekurangannya.

Please Share Artikel "Perbedaan baterai Removable dan Non-Removable" ini :)

0 Response to "Perbedaan baterai Removable dan Non-Removable"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.