Tips belajar Offroad bagi Pemula

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan faktor menyenangkan dalam sebuah perjalanan melewati medan Offroad adalah dengan membangun keterampilan mengemudi Anda.

Dengan keterampilan mengemudi yang baik, bisa meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil. Jangan sampai anda bersenang-senang saat Off-roading, tapi harus pusing memikirkan perbaikan sana sini setelah pulang karena as patah, kopling habis, radiator bocor dll.

Dan cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan off-roading adalah dengan mengikuti pelatihan bersama seorang ahli atau bisa juga melalui pengalaman di jalanan offroad.

Berikut Tips belajar Offroad bagi Pemula yang bisa anda coba untuk memulai hobi Offroad anda.

Belajar Mengemudi

Mengendarai mobil offroad tidak sama dengan mengendarai mobil pada umumnya, anda perlu benar-benar mengasah keterampilan mengemudi anda.

Cari tempat yang aman untuk belajar mengendarai mobil offroad anda. Area berpasir seperti pesisir pantai yang sedang surut atau pelataran Gunung Bromo bisa jadi tempat ideal untuk mengasah keterampilan mengendalikan mobil di permukaan lembek.


Cobalah Terjebak

Cobalah untuk terjebak di area pantai yang berpasir kemudian berlatihlah untuk keluar dari kondisi itu.

Analisa situasinya dengan seksama, apakah keempat roda macet, apakah bagian bawah mobil tersangkut sesuatu seperiti batang pohon yang terkubur setengah. Kemudian bersihkan semua rintangan yang ada di sekitar dan di bawah kendaraan.

Jika traksi ban tidak memadai untuk membuat mobil keluar dari jebakan, coba kurangi tekanan ban.

Baca juga : Beadlock wheel, kunci ban di Velg

Pastikan anda memilih gear yang tepat pada kondisi ini, 4WD Low bisa jadi awal yang baik. Injak pedal gas perlahan untuk mulai keluar dari jebakan, jika ban mulai spin tapi mobil tidak bergerak, jangan dipaksakan karena akan memperparah keadaan.

Selanjutnya anda bisa mulai menggunakan peralatan yang ada seperti menggunakan bantuan recovery tracks atau winch.


Pelan-pelan

Offroad adalah kegiatan mahal, jadi jika anda masih pemula sebaiknya pelan-pelan saja.

Kehabisan bahan bakar, mesin overheating, as patah, kopling hangus, bisa saja terjadi jika off-roading tanpa perhitungan.

Medan yang menantang terkadang memang membuat adrenallin meningkat dan akhirnya ingin membetot gas dalam-dalam tanpa perhitungan.

Ingat, offroad bukan hanya soal kecepatan tapi juga strategi yang tepat dalam memilih jalur yang benar agar tidak terperosok dan terjebak.

Bahkan jika anda berlatih di hamparan pasir pantai yang tampak bersahabat, bisa saja terganjal batu karang yang terbenam pasir.

Baca juga : Mengatasi mobil terjebak lumpur

Luangkan waktu nikmati tantangan yang cukup banyak di tawarkan oleh kegiatan offroading anda sehingga anda punya banyak waktu mengasah keterampilan offroading tanpa merusak mobil, pasti menyenangkan bukan?.

Tips belajar dan perlengkapan Offroad bagi Pemula


Persiapkan Peralatan yang diperlukan

Bagian dari persiapan untuk petualangan off-roading selain memiliki keterampilan dan pengalaman tapi juga harus didukung perlengkapan yang tepat.

Winch, Recovery Track, peralatan standart untuk perbaikan dan tak lupa juga perlengkapan P3K.

Please Share Artikel "Tips belajar Offroad bagi Pemula" ini :)

0 Response to "Tips belajar Offroad bagi Pemula"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.