Aplikasi Standart dan Wajib ada di Ponsel Android

Ponsel Android menjadi barang yang paling banyak dicari saat ini. Bukan karena hanya memang lagi ngeterens tapi karena teknologi dan fungsinya cukup melimpah dan yang tak kalah penting sangat User Friendly.

Saat membeli ponsel android baru dari toko biasanya isinya belum lengkap, memang secara fungsi, ponsel baru tersebut sudah bisa digunakan apalagi biasanya pada ponsel baru sudah terdapat bloatware yang di tanamkan oleh produsen ponsel sehingga ponsel sudah langsung bisa digunakan tanpa konsumennya harus repot-repot mendownload berbagai aplikasi standart yang diperlukan.

Tapi biar bagaimanapun, bagi Anda yang baru saja membeli ponsel android, Pastilah terbesit pertanyaan, Aplikasi apa sajakan yang harus diinstal atau yang biasanya ada di ponsel android pada umumnya?

Aplikasi Standart dan Wajib ada di Ponsel Android

Berikut ini aplikasi standart dan wajib ada di ponsel Android

Browser Internet

Secara default biasanya produsen ponsel sudah menginstal browser buatan mereka di ponsel yang mereka jual. Tapi jika anda kurang berkenan dengan browser yang sudah terinstal di ponsel, anda boleh menginstal browser Android yang populer di gunakan orang pada umumnya seperti Chrome, Opera atau Firefox.


File Manager

Aplikasi File manager sangat penting untuk memanagement ruang penyimpanan di ponsel agar anda tidak kesulitan menata dan mengelola data yang ada di memory internal ataupun eksternal. Aplikasi seperti ES File Explorer, Astro File Manager bisa dijadikan rujukan.


Aplikasi Chat dan Sosmed

Ini yang paling utama. Untuk tetap dapat terhubung dengan rekan dan handai taulan di berbagai kesempatan, pastikan ponsel android anda terinstal aplikasi chatting dan sosial media.

Jangan mengandalkan komunikasi via SMS jika anda menggunakan ponsel android. Pakailah salah satu atau dua aplikasi jejaring sosial dari beragam pilihan seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, WeChat, G plus, BBM, Kakaotalk dll.

pilihlah yang sesuai dengan keperluan anda, mana yang paling banyak di gunakan oleh rekan-rekan anda, sehingga komunikasi bisa terjalin dengan lancar tanpa harus membebani ponsel dengan banyaknya aplikasi massenger yang jarang dipakai.

Jadi anda tidak perlu menginsatal semua aplikasi chating/sosmed yang ada, cukup yang paling banyak di gunakan di komunitas anda.


Anti Virus

Ponsel Android bekerja layaknya sistem komputer, dan bisa saja terkena virus seperti sistem komputer. Jadi ada baiknya anda menginstal satu aplikasi anti virus di ponsel android baru anda.


Utility Tool

Aplikasi ini bisa berfungsi menjaga kinerja ponsel android tetap optimal. Aplikasi seperti Clean Master bisa di manfaatkan untuk membersihkan file sampah History Browser dan mengoptimalkan RAM hanya dengan sekali klik.


Penghemat Baterai

Salah satu problem yang di hadapi ponsel android adalah konsumsi baterai yang boros seiring bertambahnya umur pemakaian dan aplikasi yang terinstal. Untuk membantu memanagement penggunaan baterai sehingga lebih hemat, anda bisa menggunakan aplikasi seperti DU Baterry atau Battery Doctor dan lain lain.


Pengolah Dokumen

Untuk memaksimalkan fungsi ponsel android, anda perlu menginstal aplikasi pengolah dokumen. Setidaknya dengan adanya aplikasi ini anda tidak perlu bingung saat harus membuka, mengedit serta membuat dokumen PDF, atau Ms. Office di Ponsel.


Entertainment

Music Player, Video Player dan aplikasi kamera wajib di tambahkan ke android anda.

Meskipun sebenarnya aplikasi standart seperti music player atau video player sudah tersedia di ponsel android baru, tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur lebih lengkap.

Termasuk juga untuk aplikasi yang bisa memaksimalkan hasil foto sehingga menjadikan hasilnya terlihat sempurna seperti Camera 360 atau Candy Camera.


Aplikasi SMS dan MMS

Ini juga secara default sudah ada di ponsel baru tapi jika anda bosan dengan tampilan aplikasi standart atau merasa fitur dan pilihan emoticon smiley nya kurang greget, anda bisa menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Go SMS Pro atau Handcent SMS.

Meskipun sekarang SMS mulai jarang digunakan, tapi teknologi perpesanan ini masih diperlukan, salah satunya untuk Registrasi kartu SIM.


Game

Kurang lengkap rasanya jika sebuah ponsel android tidak diisi sebuah atau dua buah game sebagai teman di waktu luang. Tidak harus COC atau Mobile Legend, yang penting bisa menghibur di waktu luang atau biar terlihat sibuk saat mati gaya ketemu mantan di pusat perbelanjaan.

Anda bisa menginstal game ringan seperti Angry Bird atau Game dengan kendali satu jari semacam JetPack JoyRide dan subway surfer.


Itulah aplikasi standart yang wajib di instal pada ponsel android baru anda. Instal-lah aplikasi sesuai kebutuhan anda dengan memperhatikan spesifikasi dari ponsel yang anda miliki.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment