Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Aplikasi

Kinerja baterai Tampak mulai menunjukan perilaku yang tidak wajar? Mungkin sudah waktunya di kalibrasi ulang.

Bagaimana tanda-tanda baterai mulai tidak beres, Biasanya akan cepat penuh ketika di charge tapi juga akan cepat habis saat digunakan.

Atau bisa juga Indikator baterai di layar masih menunjukan 50% tapi tiba-tiba ponsel mati karena kehabisan baterai.

Mungkin Anda mulai berpikir untuk perlu mengganti baterai smartrphone dengan yang baru.

Sebelum Anda pergi ke pusat perbelanjaan aksesoris handphone, sebaiknya anda coba untuk mengkalibrasi baterai Android anda.

Tapi tenang, tidak perlu memanggil Dinas Meteorologi dan Geofisika atau Dinas terkait lainnya untuk melakukan pengujian dan Kalibrasi ini.

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa bantuan alat apapun. Cukup siapkan Charger ponsel original dan ponsel yang berisi baterai yang ingin di kalibrasi.

Kalibrasi Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara mudah mengkalibrasi baterai Android Tanpa Aplikasi.

Perhatikan langkahnya dengan seksama, ini membutuhan kesabaran dan ketelatenan dalam penerapannya.

1. Pada kondisi smartphone android menyala, charging baterai ponsel sampai indikator di layar menunjukkan full. Dengan kondisi baterai penuh, matikan ponsel anda dan biarkan dingin secara alami. Selama proses pengisian baterai, akan terjadi peningkatan suhu dalam komponen ponsel.

2. Setelah di yakini benar-benar dingin, Charger kembali ponsel android tersebut dalam kondisi mati. Tunggu hingga baerai penuh, Ini tidak akan lama karena sebelum dimatikan tadi kan baterai dalam kondisi penuh.

3. Setelah penuh 100%, nyalakan ponsel dan gunakan seperti biasa hingga ponsel kehabisan daya dan mati dengan sendirinya.

4. Charging kembali ponsel anda tersebut sampai baterainya penuh, kemudian nyalakan dan gunakan lagi sebagaimana biasanya hingga baterainya habis dan ponsel otomatis mati dengan sendirnya.

5. Setelah ponsel Android anda mati, kali ini biarkan ponsel tersebut dingin sekitar 30 menit, kemudian anda bisa mulai mencharge-nya kembali hingga penuh.

6. Setelah penuh, lepaskan kabel charger dari ponsel dan biarkan ponsell dingin sekitar 15-30 menit. Setelah yakin ponsel dingin barulah anda dapat menyalakannya.


Itulah cara Kalibrasi Baterai Android tanpa Aplikasi. Setelah proses Kalibrasi ini maka baterai ponsel akan terbaca sesuai kondisi sebenarnya di indikator ponsel


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment