Cara Mengkompres Foto di Smartphone Android

Cara Mudah mengecilkan atau mengkompress resolusi foto di ponsel Android bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi.

Sebuah foto yang diambil menggunakann kamera ponsel akan memiliki ukuran yang beragam, terkadang ukuran filenya terlalau besar hingga tidak ramah bandwith dan menghancurkan kouta yang terbatas ketika akan menguploadnya ke sosial media.

Untungnya Android adalah sistem pintar yang membuat ponsel menjadi pintar dan pengguna pun memiliki banyak cara untuk mengatasi kendala yang di hadapi saat menggunakan smartphone android.

Cara mengecilkan Resolusi Foto pada ponsel android pun bukanlah hal yang sulit dilakukan bahkan tanpa perlu bantuan komputer atau laptop untuk mewujudkannya.

Oke langsung saja kita simak bagaimana cara mengkompress ukuran file foto di smartphone android.

Cara Kompress Ukuran Foto di HP Android

1. Kompress Foto dengan Aplikasi ResizeMyPix

Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk mengkompress foto, bagi pengguna awampun tidakakan kesulitan menggunakannya.

Aplikasi ini dapat merubah ukuran foto menjadi lebih kecil tanpa membuat kualitas gambar menurun drastis karena logaritma yang digunakan untuk mengkompress foto cukup canggih.

Cara menggunakan Aplikasi ResizeMyPix :

1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasinya di google play store, cari saja ResizeMyPix.

2. Setelah terinstal, buka aplikasi nya dan pilih foto yang ingin di kompres. Anda bisa mengkompres beberapa gambar sekaligus dengan mencentang foto yang ada di galerry.

3. Selanjutnya Pilih ukuran ukuran Pixel yang di inginkan, Semakin kecil ukuran pixel yang dipilih tentu semakin kecil ukuran file foto yang dihasilkan. 

Aplikasi ini bisa mengkompress file foto hingga ukuran 90% lebih kecil dari aslinya dengan tetap menjaga kualitas foto tetap terlihat baik.

Selain itu Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto seperti mengatur kontras, brightness, gamma, atau membuatnya menjadi greyscale.


2. Kompress Foto dengan aplikasi Photo Compress

Aplikasi yang satu ini selain ringan juga "Ad Free", aplikasi idaman banget nih kalau sudah ada embel-embel Ad Free nya. Aplikasi ini tersedia juga Versi Pro dengan fitur yang lebih lengkap.

Cara menggunakan Aplikasi Photo Compress :

1. Unduh dann instal aplikasinya dari google play > Download Photo Compress

2. Setelah itu buka aplikasi dan pilih image dengan memilih tombol 'Gallery' atau langsung dari jepretan Kamera

3. Setelah memilih gambar foto yang ingin di kompress lalu 'Resize image' berdasarkan persentase atau Pixel.

4. Masukan angka yang diinginkan pada kolom isian dibawahnya, Pastikan anda mencentang pilihan 'Maintain Aspecct Ratio' agar dimensi gambar tetap proporsional. Untuk versi Pro, Anda dapat mengkompress beberapa foto sekaligus.


Itulah Aplikasi android yang bisa digunakan untuk mengkompress foto agar ukurannya menjadi lebih kecil sehingga lebih ringan ketika akan di upload ke sosial media.

Keperluan untuk mengkompress foto tentu banyak tujuannya tergantung kebutuhan masing-masing individu, ada yang perlu untuk berbagi kenangan dan pengalaman, untuk menghemat memori atau ada yang perlu mengupload banyak foto untuk menambahkan koleksi dagangan di online store.

Jika foto yang di upload masih dalam kondisi aslinya tentu akan memberatkan kuota data internet, mengingat kamera ponsel sekarang rata-rata sudah cukup canggih dengan resolusi yang cukup tinggi sehingga menghasilkan ukuran file yang lumayan besar.

Namun perlu diingat, ketika mengkompress ukuran gambar atau foto menjadi lebih kecil maka konsekuensinya detail gambar akan berkurang. Sehingga ketika dilakukan Zooming, gambar akan pecah. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan, jika gambar yang di upload membutuhkan detil yang baik, jangan di kompress terlalu ekstrem.

Share Informasi "Cara Mengkompres Foto di Smartphone Android " ini ke temanmu :)

0 Response to "Cara Mengkompres Foto di Smartphone Android "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.