5 Fungsi Tombol POWER Android

Android memang dikenal paling User Friendly dibanding handphone-handphone jaman dulu yang pernah booming di tanah aor, bahkan jika dibanding dengan BB yang dulu sempat sangat populer.

Di perangkat Android, tidak banyak tombol yang bisa ditemukan, umumnya hanya ada tiga tombol fisik yang bisa di pencet-pencet, selebihnya adalah tombol virtual yang akan terlihat di layar jika diperlukan.

Tombol Power dan tombol Volume adalah yang paling umum di temukan disisi ponsel android.

Kali ini kita akan membahas tentang fungsi tombol power dan keistimewaannya di ponsel android.

Meskipun semua orang tau kalau namanya tombol power pasti berhubungan dengan daya dan jika tentang handphone, maka tombol power pastilah untuk menyalakan atau mematikan handphone tersebut.

Tapi ternyata ada Fungsi lain dari tombol power di ponsel android. Apa sajakah fungsi tombol power di android? mari kita simak bersama.

5 Fungsi Tombol POWER Android

Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android

1. Untuk Mengunci Layar (Lock Screen)

Kalau anda termasuk generasi yang pernah merasakan era handphone segede gaban seberat gajah, anda pasti paham bagaimana mengamankan tombol agar tidak terpencet secara tidak sengaja.

Di smartphone android yang di amankan bukan keypadnya tapi screen nya.

Nah untuk mengunci layar agar tidak ugal-ugalan saat dikantongi atau dimasukan ke dalam tas maka bisa dilakukan dengan menekan tombol power satu kali.


2. Untuk Mengaktifkan Mode Pesawat

Fungsi tombol power di android adalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Tekan tahan selama beberapa detik maka ponsel anda akan masuk kedalam mode pesawat, jadi ini cara pintas dan cepat untuk mengaktifkan mode pesawat di handphone android.

Tapi meskipun begitu, setelah mengaktifkan mode pesawat, jangan pernah melemparkan handphone anda ke udara. Jangan mentang-mentang karena mode pesawat aktif, anda berharap ponsel tersebut bisa terbang, tidak.


3. Untuk Mengambil ScreenShot Layar

Dengan kombinasi yang tepat, menekan tombol power bersamaan dengan tombol lainnya, maka anda bisa melakukan screenshoot yang tampil di layar smartphone dan menyimpannya dalam bentuk image.

Kombinasi tombol untuk screenshoot layar mungkin akan berbeda tergantung merk dan tipe smartphone android yang anda gunakan.

Menekan tombol bersamaan ini terkadang mejadi sulit karena sensitifitas tombol yang berbeda akibat umur pemakaian dan momen waktu penekanan tombol yang kurang tepat.

Selain melakukan screenshot dengan metode bawaan pabrik, anda juga bisa menggunakan 7 Aplikasi Screenshoot Terbaik untuk melakukan tangkapan layar.


4. Untuk Masuk ke Recovery Mode

Fungsi tombol power di android selanjutnya adalah untuk masuk ke Recovery Menu. Menu didalam sisni dapat di gunakan untuk keperluan mengatasi gangguan ringan hingga medium di perangkat android, khususnya untuk masalah software.

Menu ini dapat diakses dengan menekan tombol power beserta tombol volume dalam posisi ponsel mati.


5. Untuk Mengaktifkan Safe Mode

Untuk masuk ke Save Mode, matikan dulu ponsel anda kemudian hidupkan dengan menekan dan tahan tombol power, setelah proses booting berlangsung tekan tahan tombol volume Up dan Down secara bersamaan.

Tekan multi tombol secara bersamaan ini terkadang membutuhkan kecekatan untuk keberhasilannya, jika anda belum berhasil dalam percobaan pertama, coba lagi.

Please Share Artikel "5 Fungsi Tombol POWER Android" ini :)

0 Response to "5 Fungsi Tombol POWER Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.