JANGAN Lakukan 7 hal ini pada Ponsel, Khusus bagi kamu Pengguna Android

Sebenarnya smartphone Android itu lebih banyak 'iya'nya dari pada 'jangan'nya. Mau di pakai untuk apa saja, ayo. Sebatas kekuatan hardware ponsel yang digunakan.

Tapi sebagai barang elektronik berteknologi canggih tetap saja ada hal-hal yang perlu dihindari agar kinerjanya tetap terjaga.

Begitu juga dengan ponsel yang harus digunakan dengan baik dan benar agar umurnya lebih awet dan terhindar dari kerusakan premature.

larangan bagi pengguna ponsel android

Berikut ini 7 Jangan yang perlu anda ketahui sebagai pengguna ponsel android.

1. Jangan charging ponsel di USB PC atau Laptop

Mencharge ponsel di PC atau Laptop bisa mempersingkat umur baterai. Lagipula ketika menghubungkan smartphone ke USB PC atau laptop maka dia tidak hanya akan berfungsi mencharge tapi juga siap untuk transfer data dll, sehingga proses charging tidak optimal.


2. Jangan instal aplikasi dari sumber tidak jelas

Meskipun diluar sana banyak sekali tempat download aplikasi android selain playstore, tapi kamu perlu berhati-hati jika ingin mendownload sesuati dari sana. Kita tidak tahu seberapa ketat mereka menyeleksi aplikasi yang di hosting disana.

Sebaiknya tetap berusaha untuk mencari aplikasi yang anda butuhkan di Play Store. Kecuali jika di playstore sudah tidak ketemu, maka anda bisa mulai melirik tempat lain.


3. Jangan Instal Antivirus lebih dari satu

Alih-alih ingin smartphone terlindungi, menginstal anti virus lebih dari satu malah akan membuat ponsel bekerja berat. Bisa-bisa antar Antivirus saling menganggap virus, yang ada 'anti-virus 1 mengkarantina Anti-Virus 2' dan 'Anti-Virus 2 pun mendisable anti-virus 1', kacau kan..tapi lucu juga kalau benar terjadi..

Lagipula memasang dua anti virus malah akan memberatkan sistem android ponsel anda. Perlu di ketahui bahwa antivirus ini bekerja terus menerus sepanjang waktu melakukan 'Ronda keliling' sepanjang waktu, dengan begini, otomatis resources ponsel akan terkuras untuk menggerakan dua anti virus yang berjaga-jaga.


4. Jangan terlalu mengandalkan penyimpanan online

Selalu upayakan dan sempatkan untuk membackup data atau file penting yang ada di ponsel ke tempat penyimpanan Offline, baik itu di laptop, PC Desktop, CD, atau DVD.

Memang membackup file di Cloud lebih praktis dan bisa diakses dari manapun bila perlu, tapi kita tidak tahu sampai kapan layanan penyimpanan cloud tersebut akan bertahan. Mungkin saja suatu saat akan tutup atau menetapkan biaya sewa bulanan untuk mendapatkan layanan penyimpana cloud yang bersangkutan.


5. Jangan lupa untuk Update Aplikasi

Terkadang kita terlalu sayang kuota hingga menunda-nunda update aplikasi hingga mendapatkan Wi-fi gratisan. Padahal setiap paket update sebuah aplikasi biasanya mengusung pembaruan dari sektor keamanan serta perbaikan bug yang mungkin ada dan penambahan fitur yang lebih memanjakan penggunanya.


6. Jangan lupa mengamankan Ponsel

Ponsel android menyimpan data-data penting mulai catatan obrolan chatting, file foto, dokumen dan data penting lainnya. Untungnya System Android telah dilengkapi fitur pengaman yang bisa anda aktifkan dengan mudah. Seperti Android Device Manager yang bisa membantu mengamankan data ketika smartphone android anda di ambil orang tanpa ijin.

Di system android anda pun dapat mengamankan aplikasi dengan PIN agar tidak bisa dibuka orang lain yang tidak berhak.


7. Jangan lupa isi paket Data

Bagi sebuah smartphone android, paket data adalah bagaikan nyawa kedua setelah baterai. Bayangkan sebuah Smartphone canggih berjuta fitur tapi tidak berkutik tanpa paket data yang cukup. Jadi jangan lupa untuk selalu mengisi paket data untuk androidmu.


Itulah 7 hal Yang Jangan sampai anda abaikan ketika menggunakan smartphone berbasis android. Semoga Bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment