Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya

Android system adalah sistem operasi terbuka dimana siapa saja boleh mengembangkannya dan memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Banyak produsen smartphone yang kemudian membuat dan memilih memasarkan produk smartphone berbasis Android.

Meskipun banyak yang menggunakannya bukan berarti sistem ini tanpa masalah. Beberapa masalah sering timbul di perangkat smartphone android karena kebiasaan penggunanya, aplikasi yang mengalami gangguan atau juga karena memang kemampuan smartphone dengan spek hardware terbatas.

Beberapa masalah di smartphone Android sangat umum terjadi dan tidak perlu terlalu di risaukan sampai harus mogok makan dua hari-satu malam, cukup lakukan langkah penanggulangan ringan maka smartphone pun akan normal kembali.

android problem dan solasinya

Masalah yang Paling Sering dijumpai pada Smartphone Android dan Solusinya

1. HANG

Hang = Menggantung, kalau diartikan pakai Google translate, hang berarti menggantung. Tapi secara teknis Hang pada ponsel bisa berarti menggambarkan kondisi ponsel yang nyantol, ngancing, tidak bisa diapa-apain.

Ini sering terjadi pada perangkat smartphone android, karena ketidak sadaran pengguna ponsel android terhadap spesifikasi teknis dari ponsel yang di pakainya.

Terlalu banyak menginstal aplikasi level berat membuat RAM kerja berat yang akhirnya Andoid pun melambat dan HANG.

Solusinya :
  • Jangan panik
  • Hapus aplikasi yang tidak terpakai
  • Pindahkan tempat penyimpanan aplikasi/game dari memori internal ke eksternal.
  • Biasakan untuk selalu menghapus chace setiap aplikasi secara berkala. Anda bisa minat bantuan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau Chace Cleaner atau aplikasi serupa lainnya.

2. Baterai cepat habis

Penggunaan baterai yang boros dan semakin boros akan mulai terasa ketika smartphone semakin sering digunakan. Beberapa aplikasi yang setelah dibuka tidak ditutup sesuai prosedur yang benar.

Misalnya ketika menutup aplikasi yang telah digunakan tenpa melalui mekanisme tombol close tapi langsung menekan tombol Home, maka aplikasi tersebut belum menutup tapi akan standby di latarbelakang menunggu dirinya di "panggil" kembali.

Semakin banyak aplikasi yang nganggur tenguk-tenguk/tolah-toleh/kongkow-kongkow di background, maka semakin berpengaruh terhadap penggunaan baterai.

Solusinya :
  • Matikan aplikasi yang berjalan di background
  • Kurangi kecerahan layar
  • Matikan Notifikasi yang tidak perlu
  • Matikan koneksi internet saat istirahat

3. Cepat Panas

Masalah panas juga sering mendera smartphone android, tapi selama panasnya masih dalam skala wajar, belum sampai mampu menghaluskan pakaian yang kusut (#memangnya seterika), maka anda tidak perlu khawatir karena itu biasa dan pasti ada solusinya.

Solusinya :
  • Hindari terlalu banyak bekerja multitasking
  • Jika sinyal sedang buruk, baiknya matikan dulu jaringan internet
  • Cek kemungkinan terjangkit virus
  • Lepas karet silikon

4. Force Close

Ketika asik-asik chating tiba-tiba muncul pesan pop-up yang bertuliskan "aplikasi ini mendadak berhenti". Kok mendadak!!!, gak ngabarin dulu sebelumnya.

Yaa begitulah ...

Jika anda mendapati masalah ini, jangan khawatir, hadapi dengan senyuman karena anda tahu solusinya.

Solusinya :
  • Restart Smartphone
  • Force Close "aplikasi yang mendadak berhenti tersebut"
  • Re-Instal Aplikasi
  • Update Aplikasi yang bermasalah dengan versi terbaru

5. Layar Sentuh tidak Sensitif

Masalah ini biasa mulai timbul setelah masa pakai sudah agak lama. Ponsel yang mengandalkan perintah berdasarkan sentuhan bisa membuat area layar menjadi kotor akibat minyak, keringat dan kotoran yang menenmpel pada jari bisa berpindah dan melengket di layar.

Selain penyebab tersebut diatas, kebiasaan menyimpan ponsel bercampur dengan benda lain dalam Tas bisa membuat layar tergores.

Hal tersebut membuat Layar sentuh mulai kurang responsiv menerima perintah melelui sentuhan jari. Ini bukalah masalah serius jika memang layar anda terlihat kotor atau banyak goresan Anda tidak perlu khawatir.

Solusinya :
  • Bersihkan Layar Ponsel
  • Ganti lapisan Anti Gores

6. BootLoop

Ini juga sering terjadi pada ponsel android, dan ini sedikit serius, setidaknya anda perlu sedikit usaha extra untuk mengatasinya.

Bootloop biasa ditandai dengan kondisi smartphone yang tidak berhasil Booting dan masuk ke menu utama. Biasanya proses booting akan tertahan di tampilan logo merk ponsel dan hanya menunjukan tanda-tanda loading tiada akhir.

Solusinya :
  • Coba Factory Reset
  • Kalau belum berhasil, Coba Hard Reset
  • Masih belum berhasil juga, Terpaksa lakukan Flashing

Itulah Masalah yang paling sering dijumpai pada smartphone berbasis Android beserta Solusinya. Perangkat Android tergolong cukup tangguh, hanya saja terkadang penambhan aplikasi yang tidak sesuai spesifikasi atau proses rooting yang tidakberjalan sempurna membuat smartphone android mengalami gangguan sistem.

Dan umumnya gangguan yang terjadi pada smartphone android masih seputaran software dan masih bisa diatasi dengan mudah. Kecuali ada beberapa type ponsel tertentu yang memiliki kelemahan pada sisi hardwarenya.

Please Share Artikel "Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya" ini :)

0 Response to "Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.