Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Handphone Android jika keseringan di pakai maka lambat laun akan 'melemot' dengan sendirinya.

Hal ini sangat normal terjadi pada smartphone android, apalagi jika didalamnya terpasang beraneka ragam aplikasi yang selalu aktif setiap saat.

Ketika kinerja Smartphone mulai menurun yang bahasa kerennya biasa di identikan dengan kata Lemot, maka perlu langkah-langkah jitu untuk membuatnya kembali bekerja normal seperti baru keluar dari kemasan.

Sebelum mencari tahu cara mengatasi smartphone android yang mulai lemot, kita coba jewantahkan dulu mengapa itu bisa terjadi. Sehingga kita bisa menyimpulkan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Smartphone Android mulai lemot

1. Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan baik secara real time maupun yang berjalan di latar belakang.


2. Ada Aplikasi yang Crash

Ada aplikasi yang crash, entah karena tidak pernah di Update atau ada ada dua aplikasi yang berfungsi sama dan bekerja dalam satu waktu.


3. Perangkat sudah Berumur

Jangan abaikan faktor umur. Perangkat elektronik meskipun tidak banyak gerakan mekani namun tetap memiliki umur optimal pemakaian. setelah melewati umur pakainya maka kinerjanya pun bisa saja mengalami penururnan.


4. Tidak pernah dibersihkan

Bukan soal kebersihan secara kasat mata tapi kebersihan sistem internal sisitem android. Perlu di ketahui, setiap aplikasi dalam sistem android menyimpan file 'sampah' yang semakin menumpuk seiring berjalannya waktu.


Tanda-tanda Sistem Android Melambat

Diantara beberapa Pertanda Sistem android mulai melemah kinerjanya antara lain :

1. Terasa lambat setiap membuka suatu aplikasi

2. Saat menjalankan aplikasi mulai terasa ada lag atau jeda ketika melakukan peralihan antar layar atau ketika melakukan perintah.

3. Baterai cepat tetkuras habis tidak seperti biasanya

4. Ponsel makin sering hang dan butuh waktu untuk menunggunya normal kembali atau bahkan tidak juga berjalan normal meskipun menunggu lama.

5. Ketika dinyalakan, proses Booting terasa lama.


Cara mengatasi Android yang mulai Lemot

1. Bersihkan Cache dan File Sampah

Cara sederhana untuk mengatasi smartphone Android yang mulai lemot adalah dengan melakukan bersih-bersih.

Bersihkan Chace dan File sampah secara berkala untuk menjaga kinerja RAM tetap optimal.

Bersihkan juga gambar thumbnail yang menampilkan cuplikan gambar hasil tangkapan kamera. Folder Thumbnail ini biasanya tersembunyi dan biasanya diawali dengan [titik] seperti .Thumbnail.


2. Hapus Aplikasi yang tidak terpakai

Terlalu banyak apilkasi yang terinstal membuat smartphone anda menjadi lemot karena meskipun dia tidak di pakai terkadang aplikasi tersebut dalam kondisi stanby di belakang layar menunggu anda membukanya.


3. Tutup aplikasi dengan Benar

Biasanya pengguna Smartphone hanya menekan tombol home untuk keluar dari aplikasi, padahal cara ini tidak menutup aplikasi tapi hanya membuatnya standby di background.

Jadi upayakan untuk menutup aplikasi setelah digunakan melalui menu Close atau Exit yang ada di aplikasi tersebut.


4. Shut Down Smartphone

Sesekali Shut Down Smartphone anda beberapa saat untuk 'mengistirahatkannya'. Matikan barang 1-2 jam setiap minggunya untuk dapat menjaga kinerja smartphone tetap optimal.


5. Factory Reset

Jika lemotnya sudah cukup parah mungkin jalan ini bisa di ambil. Tapi ini opsi terakhir jika empat cara diatas tidak membuahkan hasil.

Pastikan anda membackup file dan data penting sebelum anda melakukan proses ini, dan pastikan anda mencatat semua akun yang digunakan untuk login di beberapa aplikasi yang anda gunakan.


6. Ganti dengan Baru

Jika memang sudah lemot parah dan setelah di selidiki ternyata Smartphone Anda merupakan produk lawas, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Banyak Aplikasi sekarang yang menuntut Spesifikasi Hardware maupun  Versi OS berteknologi terbaru.

Biarkan Smartphone lawas anda itu menjadi kenangan, Versi Android sudah hampir mencapai huruf 'Z', masa anda masih pakai Ice Cream Sandwich ajah. Segera Ganti dengan yang baru.

Please Share Artikel "Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya" ini :)

0 Response to "Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.