Sebab Musabab Kartu SIM tidak terdeteksi dan cara Mengatasinya

Kartu SIM bagaikan separuh nyawa dari sebuah ponsel apalagi ponsel pintar. Ponsel Pintar tanpa kartu SIM yang berisi paket data maka kepintarannya praktis akan berkurang 80 persen.

Sayangnya pasangan setia smartphone yang satu ini terkadang diperlakukan bagaikan Bawang Putih layaknya cerita sinetron-sinetron yang mengisi Prime Time di Televisi dengan iklan segambreng.

Secara konstruksi, tempat kartu SIM di Ponsel sudah didesain sedemikian rupa agar ia dapat bertengger aman dan nyaman disana dan bertugas dengan dedikasi tinggi meningkatkan kepintaran sebuah Smartphone.

Tapi terkadang khilaf cenderung terjadi pada sisi pengguna dalam memberlakukan kartu SIM tersebut.

Beberapa Sebab SIM Card Tidak Terdeteksi

1. Tidak terpasang dengan benar

Meskipun jarang terjadi tapi bisa saja terjadi, karena buru-buru maka posisi kartu sim terpasang terbalik sehingga kartu sim tidak akan terbaca oleh ponsel meskipun ditunggu hingga hari senin pun.


2. Sering gonta ganti kartu

Ini bisa jadi penyebab SIM Card tidak terbaca karena sering gonta-ganti kartu, selain membuat kuningan area kontak cepat aus, sistem handphone pun akan kebingungan. Apalagi kalau ganti kartu dari yang sinyalnya kuat ganti dengan kartu yang sinyalnya senin-kamis.


3. Konektor Kuningan Aus

Ini bisa karena faktor usia dari kartu SIM itu sendiri, bisa juga karena sering pasang-copot-pasang-copot kartu SIM.

Gesekan yang terjadi saat memasang dan melepas kartu SIM secara berulang-ulang dapat membuat kuningan SIM Card aus dan membuat koneksinya terganggu sehingga sulit dideteksi oleh ponsel.


4. Kartu SIM kepanasan

Handphone masa kini itu sibuknya luar biasa, tidak seperti handphone jadul yang ngertinya cuma SMS dan Telepon.

Karena kesibukannya yang luar biasa tersebut membuat kartu sim mudah panas dan melengkung sehingga konektornya tidak terhubung sempurna.

Mencari sinyal, berburu jaringan 2G, 3G, 4G wajarlah kalau dia lelah dan gampang panas. Karena panas akhirnya SIM card memuai dan berubah bentuk menjadi tidak datar lagi melainkan melengkung.


5. Lempengan Kartu SIM kotor

Sekarang ini pengguna Smartphone tidak hanya memiliki satu kartu SIM saja, minimal punya dua kartu SIM karena banyak Smartphone sekarang mendukung Dula SIM On.

Tak jarang juga ada yang memiliki tiga SIM Card untuk mengejar paket internet murah dan bonus melimpah dari beberapa provider.

Karena handphone umumnya hanya menyediakan dua slot SIM Card, maka satu SIM Card lagi disimpan di suatu tempat.

Nah saat disimpan inilah kemungkinan lempengan kuningan kartu SIM yang konon katanya mengandung EMAS itu kotor, dan mempengaruhi koneksitifitasnya saat dipasang pada slot SIM card.


6. Pemasangan tidak rapat

Kartu SIM massa kini secara default sudah terpotong-potong seperti Puzzle, namun sebagian ponsel tidak memiliki slot yang memadai untuk mengakomodasi SIM Card yang sudah 'terbelah-belah' tadi.

Jika anda memasukan SIM card pada slot yang tidak memiliki penahan sempurna, maka kemungkinan SIM tidak rapat karena njepat / terangkat pada bagian sambungannya yang bisa membuat SIM tidak terdeteksi.

Slot SIm card ponsel advan ponselatos


Cara mengatasi SIM Card tidak terdeteksi

Kalau Sudah tahu Sebab dan Musababnya, sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengatasinya.

1. Pastikan posisinya tepat

Jika menyadari kartu SIM ternyata tidak terpasang dengan benar, terbalik atas bawah atau depan belakang, maka betulkan posisinya.

Atau mungkin posisinya kurang tepat, masih menggantung kurang masuk penuh kedalam slot SIM Card.


2. Nonaktifkan ponsel sebelum ganti kartu

Usahakan untuk selalu menonaktifkan ponsel sebelum mengganti kartu SIM, meskipun sebenarnya pada beberapa ponsel pintar, mengganti kartu SIM bisa dilakukan tanpa mematikan ponsel karena posisi slotnya tidak tertutup oleh baterai ponsel.


3. Bersihkan Kuningan SIM Card

Bersihkan elemen kuningan SIM Card jika terlihat agak sedikit kusam, anda bisa memanfaatkan penghapus untuk membersihkan elemen kuningan ini. Pakai penghapus khusus gambar untuk hasil maksimal.


4. Coba SIM Card lain

Ini untuk mendeteksi apakah kerusakan terjadi pada kartu Sim atau pada slot sim card di ponsel.

Meskipun sebenarnya sangat jarang terjadi slot sim card rusak tapi bisa saja terjadi, Mengingat kartu sim sekarang kondisinya sudah tidak utuh [terpotong-potong menjadi tiga bagian, nanosim, microsim dan entah apalagi satunya].

sim card, potongan sim card

Jadi ketika proses memasang atau melepas, bisa jadi sambungan antar potongan sim card menyangkut di konektor yang ada di dalam slot sim card.

Atau bisa jadi terjadi Error pada sistem android ponsel anda yang membuatnya sulit mendeteksi kartu SIM.

Jika Slot Kartu SIM nya rusak terpaksa bawa ke servis center, tapi jika kartu SIM-nya yang rusak maka bisa sedikit bernapas lega, anda bisa minta gantinya di Gerai operator terdekat.


5. Reset / Recovery / flashing

Jika setelah mencoba dengan SIM lain masih juga belum terdeteksi, ini langkah terakhir yang mungkin bisa di terapkan untuk mengatasi SIM Card yang tidak terdeteksi di Ponsel.

Patikan dulu semua langkah diatas sudah anda terapkan dan masih tidak bisa membuat SIM Card anda terbaca di ponsel android.

Yakinkan anda benar-benar YAKIN melakukan Reset, Recovery atau bahkan Flashing. Mulailah dari Soft reset, jika tidak menampilkan progress yang baik barulah lanjut ke Hard Reset dan kemudian Flashing.


6. Bawa ke Service Center

Cara terakhir, mau tidak mau harus bawa ke Servide Center untuk memperbaiki ponsel yang tidak bisa mendeteksi kartu SIM.

Jika ponsel anda masih dalam masa garansi, sebaiknya anda mengutamakan langkah ini dibanding melakukan Flashing sendiri.

Please Share Artikel "Sebab Musabab Kartu SIM tidak terdeteksi dan cara Mengatasinya" ini :)

0 Response to "Sebab Musabab Kartu SIM tidak terdeteksi dan cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.