3 Penyebab Baterai HP android melembung

Baterai Melembung sudah menjadi masalah yang melekat erat dengaan perangkat mobile khususnya handphone.

Sudah dari jamannya handphone segede gaban, problem ini sering menghantui dan smartphone android pun tak luput dari permasalahan baterai yang bisa melembung.

Sebenarnya kenapa ini bisa terjadi, pergaulan bebaskah??? ....

.....Tentu saja tidak.

Baterai android yang melembung a.k.a bunting tentu bukan karena pergaulan bebas atau suka jalan malam, tapi ada penyebab teknis dan nonteknis kenapa baterai HP Android bisa melembung/bunting.

Penyebab Baterai HP android melembung


Penyebab Baterai HP Android Melembung

1. Faktor "U"

Faktor "U" adalah penyebab yang paling mungkin menjadi kambing hitam mengapa baterai Android Melembung. Seperti di ketahui bahwa setiap baterai memiliki siklus charge dan discharge.

Jika itu sudah tercapai maka tentu saja kemampuan baterai mulai menurun sehingga bisa mengakibatkan bentuknya berubah menjadi "gemuk". Jadi faktor "Umur" bisa mempengaruhi perubahan bentuk pada baterai.

Bisa juga karena komponen pendukung yang ada didalam baterai sudah mengalami kerusakan, seperti penahan arus untuk menghentikan proses pengisian saat baterai sudah penuh.


2. Pola Pemakaian

Pola pengguna mengoperasikan handphone android juga dapat menyebabkan baterai bisa kembung. Biasanya proses charging sambil digunakan bermain game atau menelepon membuat baterai cepat panas.

Sebaiknya hindari menggunakan ponsel ketika proses charging berlangsung, memang sulit apalagi jika notifikasi aplikasi sosmed berdering tiada henti, tapi usahakan untuk meminimalisir penggunaan ponsel ketika sedang di charge.


3. Charger tidak sesuai

Menggunakan charger yang tidak sesuai baik voltasenya ataupun besar arusnya. Biasanya ini sering terjadi ketika meminjam charger milik teman atau rekan yang berbeda merk.

Untungnya Standarisasi besaran voltase charger yang umunya berada di angka 5 Volt menjadikan kita bisa meminjam charger handphone lain tapi hal yang perlu juga menjadi perhatian adalah besar arusnya. Besaran arus charger akan berbeda-beda tergantung merk dan tipe ponsel. 

Arus charging yang tidak sesuai standart baterai ini bisa membawa kerusakan bagi baterai ponsel tersebut, jadi alangkah baiknya jika menggunakan charger bawaan aslinya dan hindari menggunakan charger ponsel merk lain apalagi pakai cas kodok.


Itulah 3 penyebab yang paling sering menjadi kan HP android Melembung. Periksa segera baterai ponsel anda apakah masih sehat atau sudah melembung.

Biasanya perubahan bentuk nya disaat-saat awal tidk terlalu terlihat secara kasat mata, untuk meyakinkan apakah baterai anda sudah mulai melembung.

Anda bisa mencoba meletakannaya di atas kaca dan memutarnya seperti gasing. Jika baterai dapat berputar berarti ada tanda-tanda bahwa baterai anda mulai melembung.

Please Share Artikel "3 Penyebab Baterai HP android melembung" ini :)

0 Response to "3 Penyebab Baterai HP android melembung"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.