Baterai di cas malah berkurang, ada apakah gerangan

Mengecas hape adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan kalau tidak mau ponsel kehabisan baterai di saat genting.

Namun tak jarang ketika mengecas baterai ponsel bukannya penuh malah berkurang, padahal sudah di cas semalaman. Ada apakah gerangan?

Kalau anda mengalami problematika ini, jangan panik dulu, periksa beberapa hal berikut.

Baterai di cas malah berkurang,baterai android tidak bisa terisi penuh,hp di cas tidakmengisi,


1. Cek Charger

Pastikan anda mengecas menggunakan charger yang dalam kondisi baik.

Charger yang tampak baik juga bisa menyimpan masalah karena tak jarang meskipun kabel charger masih terlihat baik tapi ternyata serabut tembaga yang ada didalamnya sudah putus.

Serabut tembaga bisa putus akibat kebiasaan menggulung kabel ke bodi charger atau melepas charger dari stop kontak/ponsel dengan menarik pada bagian kabelnya bukan pada bodi charger atau bodi port charger.

Coba gunakan charger lain, usahakan dari merk dan tipe yang sama agar ketahuan kondisi sebenarnya apakah kerusakan terjadi pada charger, baterai atau ponsel.

Baterai di cas gak mengisi malah berkurang,


2. Cek Sumber Listrik

Pastikan sumber listrik teraliri listrik. Mungkin ini aneh, tapi sering kejadian jika menggunakan kabel roll yang dilengkapi saklar.

Karena buru-buru, saklar lupa dinyalakan atau kabel roll belum ditancapkan ke sumber listrik. Terang saja ketika hape dicas selama berjam-jam tidak penuh-penuh tapi malah berkurang.


3. Cek Konektor

Konektor yang paling sering mengalami gangguan adalah pada port konektor charger di ponsel.

Konektor ini bisa saja kotor, berkarat, rusak atau terselip benda asing yang bisa menghalangi / mengganggu hubungan antara pin yang ada di kabel charger dan port konektor di ponsel.

Kain sisa jahitan yang ada di kantong celana atau baju bisa saja menyelip di sela-sela port konektor ponsel dan menghalangi koneksi antara charger dan ponsel.

Charger Port di ponsel juga bisa rusak seperti patah karena kebiasaan mencabut/memasang charger yang terburu-buru dan tidak hati-hati.


Baterai di cas tidak mengisi malah berkurang


4. Cek Baterai

Jika baterai ponsel anda bertipe Removable, anda bisa mencoba memeriksa kondisi baterai apakah masih normal atau sudah kembung. Tapi kalau baterei ponsel bertipe non-removable, agak sulit kalau mau cari pinjaman.

Baterai yang sudah kembung bisa jadi membuat proses charging tidak sempurna sehingga tidak penuh-penuh meskipun telah diisi berjam-jam.

Cobalah meminjam baterai lain yang sejenis untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada baterai.

Baca juga : Perbedaan baterai Removable dan non Removable


5. Cek Ponsel

Pemeriksaan terhadap kondisi ponsel bisa dilakukan pada sektor software dan hardware.

Dari segi software mungkin saja anda baru saja melakukan modifikasi dan ternyata stock ROM yang sesuai ketika melakukan Rooting, atau bisa juga ada komponen pada ponsel yang mengalami kerusakan seperti IC Power atau IC charger yang bermasalah.

Untuk masalah ini sebaiknya anda membawa ponsel anda ke servise center untuk di tindak lanjuti.


Itulah gerangan penyebab baterai di cas bukannya penuh malah berkurang. Karena padatnya rutinitas kadang kita tidak sempat memeriksa apakah baterai ponsel sudah dalam status mengisi ketika menancapkannya ke charger.

Ketika ingin digunakan baru sadar bahwa ponsel tidak mengisi dan tetap kritis atau bahkan habis padahal sudah di cas lama.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment