Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Hilang

Smartphone dan sinyal internet bagaikan dangdut koplo dan kendang, keduanya tidak dapat dipisahkan. Karena Smartphone tanpa sinyal paket data maka dia tidak akan jadi smart-smart amat.

Ketika sinyal paket data seluler menghilang maka sebuah smartphone hanya akan menjadi selayaknya handphone-biasa yang kepintarannya menurun hingga 50% sehingga hanya bisa SMS dan telepon.

Untuk mengatasi Sinyal Paket data yang hilang, coba lakukan tindakan berikut ini ;

Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Hilang

1. Periksa apakah kartu SIM sudah terpasang dengan benar (tidak terbalik)

2. Pastikan Setingan Data Seluler sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Data Seluler.

3. Coba refresh jaringan dengan mengaktifkan Flight Mode / Mode Pesawat beberapa saat.

4. Periksa setingan jaringan yang digunakan. Pada Smartphone tertentu, mungkin saja jaringannya terkunci hanya di 4G sedangkan area anda tidak terkover sinyal 4G dari provider. Jika begitu rubah setingan jaringan dari 4G only ke auto atau 3G.

5. Lakukan pengaturan konfigurasi APN (Access Point Names). Sebenarnya APN ini otomatis tersetting menyesuaikan kartu SIM yang terpasang. Tapi tidak ada salahnya anda mencoba mengaturnya secara manual, mungkin saja ketika mengganti kartu beda provider, APN nya tidak ikut menyesuaikan.

6. Sinyal yang hilang bisa juga terjadi akibat proses root pada pernagkat android. Solusinya, coba unroot ponsel android untuk mengembalikan ke kondisi semula dan semogha sinyal yang hilang bisa muncul kembali.


Iutlah 6 cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sinyal paket data menghilang. Semoga dpat bermanfaat.

Please Share Artikel "Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Hilang" ini :)

0 Response to "Cara Mengatasi Sinyal Paket Data Seluler yang Hilang"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.