Dampak pada Smartphone Android ketika Memory Penuh

Meskipun sekarang ini untuk ponsel android keluaran terbaru sudah mengusung memory internal yang lumayan besar, tapi kebiasaan pengguna yang menginstal dan menyimpan file yang berlebihan kedalam memory internal membuat ruang penyimpanan menjadi "sempit".

Karena terkadang juga penyimpanan default berbagai aplikasi dan game pada ponsel adalah di memory internal dan ini tak sedikit pengguna ponsel yang tidak menyadarinya.

Sehingga pada prakteknya semua file instalasi beserta data-datanya tersimpan di memory internal karena secara default memang terseting demikian.

Lama-kelamaan memori internal menjadi penuh dan berdampak pada kinerja Smartphone Android. Karena Internal Memory ini juga digunakan sebagai tempat tersimpannya File System.

Padahal Aplikasi/Game yang terinstal bisa dipindahkan ke Memory SD/Memory Eksternal dan setingan default tempat penyimpanan bisa di atur ke memory eksternal..

Biasanya dalam sebuah ponsel android terdapat 3 tempat penyimpanan file yaitu pada Internal Memory (biasa dikenal dengan sebutan ROM), Memory Telepon dan Memory Eksternal (yang ditambahkan sendiri oleh pengguna).

Dampak yang terjadi pada smartphone jika memory internal mulai penuh

1. Aplikasi Sering Macet

Aplikasi sering macet atau Loading lama sekali saat dibuka atau malah Force Close. Hal ini bisa disebabkan karena setiap akan atau sedang menjalankan Aplikasi/Game maka diperlukan ruang untuk menyimpan file temporary atau chace yang menunjang kinerja aplikasi/game yang bersangkutan.

Semakin lama aplikasi/game di jalankan maka semakin banyak file chace/file temporary yang perlu disimpan, jika memori penyimpanan tidak mencukupi maka otomatis aplikasi/game akan macet atau malah Force Close.


2. Ponsel Mulai Lemot

System sudah tidak bisa bekerja leluasa karena ruang geraknya semakin sempit, jika memori internal sudah sesak dengan berbagai file dan hanya menyisakan sedikit saja ruang kosong maka ponsel akan mulai lemot dan sangat lambat merespon perintah.


3. Update Aplikasi sering Gagal

Saat Update aplikasi diperlukan ruang yang cukup untuk mengunduh data baru untuk keperluan update tersebut. Tak jarang juga, ukuran file versi baru lebih besar dari versi lama karena adanya penambahan fitur.


4. Baterai jadi boros

Karena setiap membuka aplikasi memakan waktu yang lama dari seharusnya maka konsumsi daya semakin besar yang berpengaruh kepada daya tahan baterai. Ini adalah efek Domino dari ponsel yang lemot akibat memory mulai penuh


5. Ponsel Gampang Panas

Terkait dampak dari semakin lemotnya ponsel menerima perintah maka kerja prosesor dan RAM menjadi berat, jika terus-terusan akan membuat ponsel mudah panas.


Itulah dampak yang terasa jika Memory internal pada smartphone android mulai penuh. Untuk menjaga kinerja Android tetap lancar sebaiknya sisakan ruang kosong setidaknya antara 20-25% di internal-memory.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment