MENGATASI Aplikasi Android yang sering Force Close

Force Close, kondisi yang sangat mengganggu saat sedang menjalankan Aplikasi atau Game di ponsel.

Banyak penyebab yang bisa menjadi sumber permasalahan kenapa aplikasi atau game yang dijalankan sering Force Close.

Salah satunya adalah karena terlalu banyak aplikasi/game yang terinstal di ponsel.

Instalasi sebuah aplikasi.game di ponsel android bisa terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja. Lah kok bisa tidak sengaja menginstal???

Pengguna Smartphone android kian hari kian banyak, dan ini menjadi peluang untuk mempromosikan segala bentuk produk lewat iklan yang tampil di perangkat android.

Bagi pengguna lama yang sudah paham betul membedakan mana iklan dan mana bukan, akan menghindari untuk men-Tap notifikasi atau apapun yang berbau iklan.

Tapi bagi pengguna baru mungkin masih kesulitan membedakan mana iklan dan mana yang bukan dan ini bisa saja membuat pengguna tanpa sengaja menginstal aplikasi yang muncul dan terselip di notifikasi.

Sebenarnya tidak hanya pengguna baru saja, pengguna lama juga terkadang bisa tanpa sengaja menginstall aplikasi/game di android karena "terpeleset" men-tap iklan yang muncul di daftar notifikasi.

Nah dari sinilah salah satu sumber penyebab Aplikasi android sering Force Close. Karena semakin banyaknya aplikasi/game yang terinstal baik disengaja atau tidak di sengaja maka ruang penyimpanan di memory internal semakin sempit dan tentu saja berdampak pada kinerja ponsel secara keseluruhan dalam "mengeksekusi" setiap aplikasi yang berjalan.

Selain sebab diatas, Secara Umum terdapat faktor lain yang "berkontribusi" membuat sebuah aplikasi yang berjalan, tiba-tiba berhenti mendadak a.k.a Force Close.

Penyebab Aplikasi Android Sering FORCE CLOSE

1. Terlalu banyak aplikasi/game yang terinstal

2. Aplikasi Corrupt

3. Aplikasi/Game masih Versi Beta

4. Perangkat tidak kompatible

5. Jaringan tidak stabil


Cara Mengatasi Aplikasi Android sering FORCE CLOSE

1. Restart Ponsel

Restart ponsel android anda untuk membuat sistemnya kembali bekerja dari kondisi normal dengan aplikasi default saja yang berjalan.


2. Hapus Aplikasi/Game yang tidak perlu.

Mungkin saja ponsel android anda sudah sangat sesak dengan beragam aplikasi/game yang terinstal didalamnya. 

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, mungkin hanya satu/dua aplikasi/game saja yang sering digunakan, sisanya hanya memenuhi memory atau hanya ongkang-ongkang di background menghabisin RAM tanpa pernah dijalankan.


3. "Inul" aplikasi

Bukan ngundang mbak Inul untuk goyang ngebor (#mahal ongkosnya). Inul, berarti instal ulang aplikasi yang sering Force Close tersebut.


Uninstal dulu aplikasi tersebut menggunakan metode uninstal yang baik dan benar agar instalan baru benar-benar bersih dari file sisa-sisa aplikasi sebelumnya.


4. Paksa Berhenti Aplikasi yang sering Force

Bisa dilakukan menu Setting >> Aplikasi dan pilih aplikasi yang sering Force Close kemudian Tap pada opsi Paksa Berhenti (Force Close)


5. Hapus Data & Chace

Melalui Metode yang sama dengan nomor '4', pada keterangan aplikasi akan terdapat tombol untuk Hapus Data dan Hapus Chace.


6. Update Aplikasi

Update APlikasi perlu dilakukan, karena akan ada pembaruan dan perbaikan dari vendor yang mungkin saja menjadi penyebab mengapa aplikasi sering Force Close.


7. Update OS Android

Update OS android bila perlu dan bila update terbaru telah tersedia untuk ponsel anda, kalaupun belum tersedia anda bisa melakukan Root pada ponsel anda agar segera dapat di update dengan OS android terbaru tanpa harus menunggu rilisan dari produsen ponsel. Tapi tentu ada resikonya dan anda harus benar-benar paham konsekuensinya sebelum melakukan rooting.


8. Periksa Sambungan Internet

Koneksi internet bisa juga menjadi penyebab aplikasi/game sering Force Close, mungkin saja koneksi anda sedang tidak stabil dan sering "loncat-loncat" dari 4G/3G bahkan turun ke 2G. 

Jika kondisinya seperti ini sebaiknya "kunci" jaringan ponsel anda agar hanya menerima jaringa tertentu saja, mana kira-kira yang terbaik dan stabil di area anda.


Itulah cara mengatasi masalah aplikasi/game yang sering force close di ponsel android, semoga bermanfaat.

Share Informasi "MENGATASI Aplikasi Android yang sering Force Close" ini ke temanmu :)