Ponsel 'Non-removable Battery' masuk air, bagaimana mengatasinya?

Seiring semakin banyaknya penggunaan Baterai non-removable pada ponsel membuat ponsel lebih mudah di temui dari pada ponsel berbaterai removable.

Tidak seperti baterai removable yang bisa langsung melepas baterai ketika kemasukan air, baterai non-removable tentu saja tidak bisa mengambil langkah sigap untuk melepas baterai.

Perlu dilakukan langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasi ponsel non-removable kemasukan air agar tidak sampai merusak ponsel.

ponsel kemasukan air jatuh di dalam bak air

1. Langkah pertama yang harus diingat ketika mendapati ponsel dengan baterai non-removable yang masuk kedalam air adalah segera angkat, JANGAN di foto dan di upload ke medsos.


2. Selanjutnya, SEGERA matikan, Setelah ponsel mati letakan handphone dalam posisi tegak dengan lubang port charger berada di bawah.


3. JANGAN dihentak-hentakan secara random (dikocok-kocok), jika ingin mengeluarkan air dari dalam ponsel yang masuk air, hentakan searah dari atas kebawah dengan lubang port menghadap kebawah. Seperti ketika anda sedang mengeluarkan semua isi dalam botol atau seperti mengeluarkan saus dari botolnya.


4. Kemudian lepas kartu Memory dan kartu Sim, jika terlihat basah, lap menggunakan tisu. Kemudian letakan di tempat kering. Jangan pernah berpikir untuk menyalakan ponsel anda, hanya karena ingin memastikan ponsel baik-baik saja. Biarkan ponsel dalam keadaan shut-down sampai air didalamnya benar-benar kering.


5. Jika kebetulan cuaca cerah dan sinar matahari cukup terik, Anda bisa menjemur ponsel agar cepat kering.

Tapi JANGAN menjemurnya langsung dibawah sinar matahari, anda bisa menggantung ponsel anda di bawah atap teras rumah yang cukup panas tapi tidak langsung terkena sinar matahari. Pastikan posisi lubang port charger atau headphone menghadap kebawah.

Kenapa tidak boleh menjemurnya langsung dibawah sinar matahari?

Yang ditakutkan ketika menjemur ponsel dibawah sinar matahari langsung, malah akan merusak komponen ponsel yang sebelumnya tidak rusak. Karena komponen ponsel pada umumnya sangat rentan terhadap panas.

Proses mengeringkan ponsel dengan cara ini memang memakan waktu lama (mungkin butuh 2-3 hari untuk memastikannya benar-banar kering)  tapi lebih aman terhadap jeroan ponsel.

Anda mungkin bisa menggunakan bantuan Hair Dryer namun perlu diperhatikan dengan temperatur dan jarak antara hair dryer dengan ponsel.


6. Langkah terakhir untuk memastikan ponsel benar-benar kering, anda bisa merendam ponsel dalam beras. Beras bisa membantu membuat ponsel kering karena dapat menyerap kandungan air didalamnya.

Jika anda sudah yakin ponsel benar-benar kering dari air, barulah anda bisa mencoba menyalakannya, semoga saja ponsel dengan baterai non-removable anda bisa menyala normal seperti sedia kala.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment