7 Tips menghemat Baterai Saat Bermain Game Android

Tips Menghemat Baterai saat bermain game Android. Memiliki sebuah ponsel android rasanya kurang lengkap jika tidak di-instal game didalamnya.

Meskipun bukan maniak game, tapi kalau melihat koleksi game di play-store yang begitu banyak, rasanya sulit untuk menolak godaannya.

Walaupun Versi android terbaru sudah sangat memperhatikan konsumsi daya baterai dan teknologi chipset pun sudah dapat memanage konsumsi daya, namun jika ponsel digunakan bermain game terus-terusan tanpa trik berhemat baterai maka akan percuma.

Karena saat bermain Game, tidak hanya aplikasi game tersebut yang berjalan, ada aplikasi lain yang aktif di background yang ikut mengkonsumsi baterai.

Jadi Cihpset, GPU, RAM, dan sensor penunjang permainan bisa menguras baterai lebih cepat. Apalagi Game yang dimainkan bergrafis tinggi dengan kemampuan 3D dan berkualitas HD dan perlu online. bisa dipastikan baterai akan cepat terkuras.

Tipe Game seperti MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna Smartphone. Ini adalah salah satu jenis game yang mampu menyiksa smartphone khususnya baterai.

Game memang sudah tidak lepas dengan ponsel jaman sekarang, selain banyak pilihan, genrenya pun beragam dan tidak sedikit yang gratis.

Apalagi kalau ketemu game yang sreg dihati, bisa bikin lupa waktu dan baterai rasanya cepat sekali habis terkuras padahal baru saja di charge.

Bermain game sambil mencharge ponsel tentu bukan keputusan bijak, Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada Tips sederhana untuk menghemat baterai saat bermain game android.

Inilah 7 Tips menghemat Baterai Saat Bermain Game Android

1. Sesuaikan Kecerahan Layar

Ini adalah langkah yang paling simple dengan mengurangi sedikit kecerahan layar maka konsumsi daya bisa sedikit dikurangi. Jadi daya baterai tidak banyak terbuang untuk pencahayaan.

Atur kecerahan cahaya baclight layar ponsel dan juga kontrasnya sebatas kemapuan anda melihat konten di layar smartphone.


2. Atur Volume Suara Game

Suara efect dalam game memang dapat menghadirkan suasana yang lebih hidup, tapi untuk urusan menghemat baterai anda perlu sedikit mengurangi volume suara game, yang penting anda tetap bisa menikmati jalannya game dengan kesan yang nyata tanpa harus menguras baterai.

Jika Anda rela,, anda bisa juga mengurangi resolusi Game ke medium atau rendah agar kerja prosesor, GPU serta hardware lainnya menjadi lebih ringan sehingga pada akhirnya dapat menghemat konsumsi baterai ponsel.

Tapi konsekuensinya tampilan gambar dalam game mungkin akan patah-patah dan kurang nyaman di mata.

Hari gini main game dengan graphic patah-patah, ga sudi lah yee... Percuma donk pakai ponsel ber-snapdragon 835 :D


3. Manfaatkan Mode Hemat Daya

Jika ponsel anda memiliki fitur penghemat daya, anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan mengaktifkannya ketika bermain game untuk menjaga baterai ponsel tidak cepat habis.


4. Matikan Koneksi

Matikan koneksifitas saat bermain game, ini khusus jika anda memainkan game berjenis offline. Wi-fi atau jaringan selular yang aktif bisa berkontribusi menguras baterai.

Bluetooth juga perlu dimatikan bila tidak diperlukan saat bermain game android. Proses pencarian jaringan atau pencarian perangkat dapat menguras baterai ponsel.


5. Matikan Aplikasi berjalan di Background

Sebelum mulai bermain game android di ponsel, matikan dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. 

Anda bisa menutup aplikasi yang berjalan di background dengan menekan-tahan tombol menu maka akan terlihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Anda tinggal meng-close-nya satu persatu dengan men-tap tanda 'X' di pojok kanan atas setiap aplikasi.


6. Aktifkan Flight Mode

Jika anda memainkan game Offline, bisa gunakan metode ini. Mode pesawat ketika aktif akan menonaktifkan sambungan Data Internet.

Trik ini secara prinsip hampir sama dengan metode hemat baterai pada nomor 4, karena saat dalam mode pesawat, ponsel akan offline.


7. Atur Waktu Kunci Layar

Atur waktu kunci layar agar tidak terlalu cepat, perhatikan waktu loading game dengan waktu kunci layar agar anda tidak sering-sering buka kunci layar saat sedang asyik bermain game.

Karena setiap kali layar meredup dan padam maka untuk menghidupkannya kembali dibutuhkan daya yang cukup besar dan berpengaruh pada konsumsi baterai.

Hal ini hampir sama ketika kita menyalakan Televisi, ketika pertama kali nyala, TV akan menyedot daya listrik lebih banyak dibanding saat dia sudah nyala.


Begitulah 7 Tips menghemat Baterai saat bermain game android, baik itu game kelas berat yang menguras resource ponsel ataupun game ringan.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment