Cara mencari informasi di Google berdasarkan gambar


Google sebagai sumber informasi yang banyak dimanfaatkan oleh orang dari berbagai kalangan. Saat mencari sebuah informasi terkadang kita bingung terkait kata yang harus di-isikan di kolom pencarian.

Misalnya saat melihat masakan yang tersaji di sebuah meja rumah makan. Kita ingin mencoba membuatnya dirumah tapi tidak tahu jenis masakan apakah itu. Mau tanya sama yang punya kedai juga sungkan karena lagi ramai-ramainya, mau coba beli lagi ga ada uang.

Secara konvensional jika mengandalkan pencarian berbasis Text di Google, mungkin kita akan mencari dengan kata kunci.

"apakah nama masakan yang isinya mie, suwiran ayam, ada sedikit sawi dan kuahnya warna cokelat, sepertinya ada sambel juga pada toppingnya.?"

Sepintar-pintarnya Google, akan bingung juga kalau mendapat pertanyaan seperti ini, akhirnya hasilnya pun tidak akurat.

Tapi jika anda bertanya dengan cara yang tepat, mungkin anda akan menemukan jawaban yang lebih mendekati benar.

Caranya adalah bisa dengan mencari informasi di Google berdasarkan Gambar, kalau sudah bingung mengkombinasikan kata kunci untuk mencari informasi tentang sebuah benda.

Sekarang ponsel sudah sangat canggih, kameranya pun sudah setara dengan kamera pocket yang memiliki hasil tangkapan yang cemerlang.

Jadi ketika anda menemukan sebuah benda, barang, alat, atau apapun itu, dan anda ingin mengetahui informasi detailnya, Anda bisa melakukan pencarian berdasar image/gambar di Google.

Maka nantinya Google akan mencarikan dan menemukan gambar yang mirip dengan foto yang anda upload dan tentu saja anda akan mendapatkan informasi detailnya.

Anda bisa mengambil gambar benda misterius tersebut menggunakan kamera ponsel dan mencari informasinya di Google bermodalkan gambar.

Untuk melakukan pencarian di Google dengan bermodalkan gambar/Image berikut langkah-langkahnya.

Akses Google pencarian melalui alamat www.images.google.com

Secara Default, opsi untuk pencarian gambar belum tampil. Anda perlu melakukan settingan sederhana agar bisa melakukan pencarian gambar bermodal gambar.

Jadi, setelah halaman pencarian image.google.com terbuka, Tap pada ikon titik tiga di sudut kanan atas. Lalu centang pada pilihan "Situs desktop".

mencari informasi di Google bermodalkan gambar

Dengan settingan sederhana tersebut, maka pada kolom pencarian akan muncul ikon kamera untuk pilihan melakukan pencarian bermodalkan gambar.

Selanjutnya Tap saja pada ikon kamera tersebut dan Telusuri Google menggunakan gambar, bukannya teks. Tap pada pilihan Upload gambar dan Pilih File.

mencari informasi di Google bermodalkan gambar

Maka akan muncul pilihan sumber gambar yang akan di jadikan bahan pencarian, apakah dari kamera atau galeri.

Misalkan anda memilih dari kamera, maka ponsel anda akan mengaktifkan Kamera dan anda bisa menjepret benda yang ingin anda ketahui informasinya.

Capture gambar yang akan di upload ke halaman pencarian dan tap pada ikon cawang jika sudah selesai.

mencari informasi di Google bermodalkan gambar

Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai dan andapun akan mendapatkan informasi terkait gambar yang anda upload tersebut.

Untuk hasil yang lebih presisi usahakan gambar yang anda jadikan bahan penelusuran, cukup jelas dan jernih.

Kalau samar-samar dan buram seperti contoh di artikel ini, Jangankan Google, Anda saja pasti bingung mengidentifikasikannya.

Itulah cara mencari informasi di Google dengan gambar dan bukan dengan teks. Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment