Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot

Kualitas koneksi internet pada sebuah menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian pengguna ponsel ber sistem operasi android.

Memiliki sebuah ponsel android dengan spek yang memadai rasanya kurang lengkap jika tidak didukung dengan koneksi yang cepat dan stabil.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi cepat atau tidaknya transfer data dari/ke ponsel android.

Jika disimpulkan terdapat dua faktor utama yang berpengaruh terhadap kualitas koneksi internet di ponsel android, yaitu; Faktor Eksternal dan Faktor Internal.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot

1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal seperti Cuaca, Lokasi BTS, Trafik Jam, Kualitas Jaringan, dapat membuat koneksi internet lambat.

a. Cuaca
Cuaca Hujan berangin bisa mengurangi kualitas dan stabilitas transfer data dari BTS ke Perangkat ponsel Anda.

b. Lokasi BTS
Lokasi BTS yang jauh atau terhalang gedung tinggi bisa mempengaruhi juga kemampuan sinyal data.

c. Kualitas Jaringan
Kualitas Jaringan yang buruk dari operator turut menyumbang lambatnya lalu lintas data.

d. Trafik Jam
Trafik yang padat di jam-jam tertentu ikut juga menyebabkan koneksi lemot.

e. Lokasi Anda
Lokasi Anda yang mungkin di kelilingi gedung-gedung pencakar langit atau berada di pelosok daerah bisa mempengaruhi juga bagaimana data dikirimkan ke perangkat anda.


Kalau untuk faktor eksternal seperti cuaca, atau jaringan yang padat, kita tidak bisa banyak berbuat sesuatu untuk mengatasi koneksi internet yang lemot selain menunda dahulu aktifitas berinternet.


2. Faktor Internal

Koneksi bisa lambat karena dipengaruhi dari faktor internal seperti pengaturan pada ponsel, dan spesifikasi ponsel.

Melakukan pengaturan ponsel dengan tepat perlu dilakukan agar mendapatkan kinerja jaringan dan transfer data yang maksimal.

Untuk masalah koneksi lambat karena faktor internal ada beberapa langkah yang bisa kita upayakan. Diantaranya

a. Pengaturan Ponsel

Auto SyncAuto sync akan membuat koneksi internet menjadi lemot karena setiap ada perubahan yang dilakukan via website maka setiap aplikasi yang disinkronkan dengan akun anda akan memberikan pemberitahuan dan ini tentu menggunakan jalur data. 

Semakin banyak aplikasi yang disinkronkan maka akan semakin padat jalur internet yang keluar/masuk ponsel anda.

Aktifkan Auto Sync untuk aplikasi tertentu saja yang anda sangat utamakan sebagai sarana komunikasi dengan orang-orang di luar sana atau nonaktifkan saja sekalian fitur Auto Sync.

Auto Backup
Secara default biasanya saat pertama kali ponsel android di gunakan maka membutuhkan akun google, dan ini akan otomatis mengaktifkan semua produk google termasuk Google Drive yang akan membackup setiap data seperti foto, gambar atau dokumen.

Nah dalam masa pakainya, ponsel android akan melakukan backup secara berkala secara otomatis. Tentu saja ini dapat mempengaruhi kecepatan internet ketika auto backup berjalan.

Untuk Mengatasi Koneksi Internet Lemot, salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan Fitur Auto Backup pada ponsel, tapi konsekuensinya anda harus meng-backup ponsel anda secara manual secara berkala.

Auto Update
Pembaruan otomatis oleh aplikasi saat ini semakin sering semakin membuat koneksi lemot. Rubah pengaturan Auto Update menjadi Wi-fi only atau seting update manual agar anda bisa melakukan update aplikasi disaat senggang atau ketika berada di lokasi Hotspot

Aplikasi yang berjalan di background
Batasi aplikasi yang boleh berjalan di background, pengaturan ini bisa dengan mudah dilakukan lewat menu Pengaturan > Penggunaan Data, kemudian tentukan aplikasi mana saja yang boleh atau tidak boleh berjalan di background dengan memberi centang pada opsi “Restrict background data”.


Anda juga bisa membatasi data di latar belakang melalui menu SettingPenggunaan Data Centang pada opsi Batasi Data Latar Belakang.

Mengatasi Koneksi Internet Lemot

Perlu diingat saat anda mencentang opsi ini maka ketika aplikasi tersebut berjalan di latar-belakang maka anda tidak dapat menerima pesan yang mungkin dikirimkan ke BBM anda (misalnya jika anda mematikan untuk apliaksi BBM).

Aplikasi yang digunakan
Semakin banyak aplikasi yang digunakan tentu saja semakin banyak kebutuhan trafik data dari/dan ke ponsel anda. Ini membuat trafik data di ponsel anda semakin padat. 

Analoginya, jalan selebar dua meter tentu akan nyaman jika hanya di lewati dua sepeda motor saja tapi kalau sampai sepuluh/duapuluh sepeda motor yang lewat mondar-mandir pastilah akan padat dan macet.

Batasi aplikasi yang terinstal di ponsel sebagai jalan untuk mengatasi dan mengantisipasi agar koneksi tidak lemot.

Mode Jaringan
Pilihan Mode Jaringan juga mempengaruhi kualitas dan kecepatan sambungan internet. Meskipun hanphone anda sudah berteknologi 4G tapi jaringan provider anda masih 3G atau area anda belum tercover sinyal 4G maka akan percuma.

Begitu juga jika ponsel dan kartu SIM anda sudah 4G tapi pengaturan jaringan di setting ke Auto atau terkunci di jaringan 3G maka kecepatan internet tidak akan maksimal.

Lakukan pengaturan mode jaringan hanya untuk 4G agar keceptan internet anda tidak lemot. Setidaknya untuk sementara, sinyal 4G lah yang tercepat saat ini.

Pilihan Provider
Jaman sekarang kita tidak bisa fanatik dengan satu provider saja karena persaingan tarif dan bonus membuat kita memiliki banyak pilihan. Nah ketika memilih provider yang mungkin memiliki kualitas jaringan yang kurang baik maka otomatis koneksi internet terasa lambat.


b. Spesifikasi Ponsel

Jika ponsel anda hanya berteknologi 3G tentu akan terasa lambat mengingat sekarang teknologi internet sudah menginjak ke 4G. Kalau soal ini kita tidak bisa berbuat banyak kecuali mengganti dengan hape yang sudah berteknologi 4G.

Kualitas hardware juga mempengaruhi kecepatan internet seperti pada bagian antena penerima sinyal. Bahan antena penerima sinyal bisa berbeda dari satu ponsel dan ponsel lainnya tergantung pada kelas handphone itu sendiri. Selain itu hardware yang gampang panas juga bisa menurunkan kecepatan internet secara signifikan.


Itulah Tips mengatasi Koneksi Internet yang Lemot. Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment