Cara Menggunakan Google Maps Offline Android

Pernahkan anda jalan-jalan naik motor menjelajahi daerah yang belum pernah disinggahi sebelumnya.

Mungkin sekali dua kali anda akan tersesat namun tetap mengandalkan filling dan yakin akan menemukan jalan tuk kembali pulang dan memang ternyata berhasil.

Salah satu patokan paling mudah ketika nyasar di tempat baru adalah mencari jalan besar (jalan utama), mengikuti arah angkot (jika Ada) dan tentu saja bertanya ke warga sekitar.

Tapi dengan cara seperti itu berapa banyak tenaga dan bensin yang dihabiskan hanya untuk berputar-putar mencari jalan pulang.

Filling anda mungkin memang benar dan akurat tapi anda tidak bisa terus-terusan mengandalkan filling saat nyasar, apalagi kalau perut sudah lapar.

Untungnya teknologi sekarang sudah sangat canggih, untuk urusan nyasar-menyasar sudah ada Google Map yang bisa memandu jalan kemanapun anda mau, tidak hanya jalan arah pulang.

Tapi sayangnya teknologi ini butuh sajen kuota internet agar mau menunjukan arah jalan yang benar.

Tapi tenang seperti sebuah kata pepatah Garam di gunung Asam di laut, gak nyambung ntut.

Menggunakan Google Maps tidak selamanya harus online, bisa offline juga.

Caranya adalah dengan mendownload terlebih dahulu area peta yang ingin di tuju dan ingin digunakan secara offline.

Sama aja donk harus beli kuota internet.

Yaa bisa jadi, tapi kalau ada Hotspot kan lumayan, lagian buat download peta doang. Nanti kalau sudah terdownload semua peta area yang ingin dijadikan tempat liburan, aman deh.

Tidak perlu khawatir lagi apakah disana nanti ada jaringan internet atau tidak, atau apakah jaringannya bagus atau putus-putus. Anda tetap pbisa menyusuri kota karena sudah mendownload semua areanya di ponsel.

Ini seperti membawa Peta fisik bentuk kertas yang di kompress kedalam sebuah kotak kecil bernama smartphone.

Tentu lebih ringkas dari pada bawa-bawa peta dari kertas yang lebarnya ngalah-ngalahin ukuran meja gambar arsitek. Kalau posisinya masih terlipat rapi memang terlihat kecil tapi begitu di buka blarkadar, bingung nglipatnya lagi.

Hlah terus cara downloadnya bagaimana?

Caranya, pastikan Google maps di ponsel anda adalah versi terbaru ditandai dengan adanya piliahan Peta Oflline di daftar menunya. Jika Google Maps di ponsel anda tidak ada opsi ini maka perlu di update.

Pilih pada menu Peta Offline tersebut lalu ikuti panduannya.

Google Maps Offline Android

Selanjutnya anda bisa menentukan area mana yang ingin didownlod, Anda akan mendapatkan informasi seberapa besar file yang akan terdownload nantinya. Mungkin anda perlu beberapa kali melakukan proses download untuk mendapatkan cakupan yang lebih luas.

Menggunakan Google Maps Offline Android

Sebaiknya gunakan jaringan Wifi untuk mendownload Google Maps offline, bisa pakai wifi dari ponsel kakak atau calon mertua asal jangan sampai ketahuan yaa.

Perlu diingat bahwa hanya area yang didownload saja yang nantinya bisa digunakan secara offline. Jadi jika anda berencana menggunakannya untuk panduan di tempat liburan, pastikan semua area yang anda butuhkan sudah terdownload.

Share Informasi "Cara Menggunakan Google Maps Offline Android" ini ke temanmu :)