Penyebab Force Close saat buka Aplikasi Android

Ponsel Android Anda mengalami Force Closed saat membuka Aplikasi? tenang... Anda tidak sendiri.

Mayoritas pengguna Android pernah bertemu dengan pesan dan kesan seperti "Sayangnya Aplikasi Ponselatos telah berhenti", dengan pilihan Force Close dan Laporkan atau malah hanya menyediakan tombol Force Close saja.

Ponsel Android memang bagaikan buih di lautan, sangat banyak menghiasi setiap sudut-sudut kota hingga pelosok Negeri.

Berbagai kemudahan yang didapatkan dari sebuah ponsel android dengan beragam fitur dan jikapun masih kurang, ada playstore yang siap menghabiskan RAM memory ponsel anda beserta kuotanya sekalian.

Mudah bukan berarti tanpa masalah, ponsel android bisa tiba-tiba menutup aplikasi yang terbuka dengan Pop-up window berisi pesan yang sudah disebutkan diatas atau pesan sejenis yang menyatakan bahwa aplikasi berhenti dan harus ditutup paksa (titik).

Biasanya pesan Force Close muncul saat aplikasi sedang dijalankan atau baru saja mau dijalankan.

Penyebab Aplikasi Android tiba-tiba Force Close

Penyebab yang paling umum mengapa aplikasi android mengalami Force Close bisa dibedakan dalam dua kategori yaitu Aplikasi Baru dan Aplikasi Lama.

Penyebab Force Close saat membuka aplikasi yang baru saja diinstal.

1. Diagnosa pertama, kemungkinan Aplikasi memang rusak dari pihak pengembangnya. Tidak ada yang salah dengan ini, karena Developer aplikasi Android beragam dari tingkat nubie hingga expert.

2. Aplikasi mengalami corrupt saat proses pengunduhan dan penginstallan, hal ini bisa disebabkan karena koneksi terganggu atau server tidak stabil saat proses unduh dan install berlangsung.

Atau Anda mengunduh file Apk-nya dari PC yang kemudian di salin ke ponsel dan menginstalnya, mungkin saja saat download di PC file APk ini corrupt.

3. Sistem smartphone mengalami gangguan karena ada virus misalnya atau proses update OS yang kurang sempurna.

4. Aplikasi Tidak support dengan Versi OS smartphone yang anda punya. Meskipun keterangan di Playstore kadang menyebutkan "aplikasi ini kompatible dengan perangkat anda" tapi pada kenyataannya deteksi ini bisa saja keliru.

5. RAM android sudah penuh sehingga tidak bisa lagi mengeksekusi aplikasi baru yang akan di jalankan


Penyebab Aplikasi Force Close setelah dijalankan

Terkadang Aplikasi android tiba-tiba Force Close ketika sudah dijalankan beberapa saat. Beberapa kemungkinan ini bisa jadi penyebabnya.

1. Smartphone mengalami overheat.

2. RAM Overload karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background.

3. Kode program yang berjalan dalam aplikasi mengalami crash, biasanya terpengaruh oleh inputan yang tidak dikenali oleh system.

4. Terdapat Bug yang mempengaruhi kinerja aplikasi yang bersangkutan.

5. Versi sistem tidak kompatible yang mungkin dikarenakan proses update aplikasi, update firmware atau update OS pada ponsel.

6. Kapasitas penyimpanan tidak mencukupi, perlu di ketahui ketika sebuah aplikasi berjalan di android maka akan ada temporary file yang disimpan di memory agar aplikasi dapat berjalan dengan mulus. Ketika ruang penyimpanan tidak lagi mencukupi untuk menyimpan file Chace ini maka aplikasi tersebut akan Force Close.


Jika anda menghadapi masalah Force Close, tidak perlu khawatir karena gejala ini bisa diatasi dengan mudah dan bisa anda coba tanggulangi sendiri.

Cara mengatasi Aplikasi yang Force Close

Setelah mengenali penyebab kenapa aplikasi android bisa Force Close selanjutnya mari kita coba mengetahui Solusinya agar bisa mengatasi aplikasi android yang tiba-tiba berhenti.

Sebelumnya, Analisa terlebih dahulu aplikasi yang mengalami Force Close. Apakah hanya satu aplikasi saja atau ada beberapa Aplikasi yang sering Force Close.

Jika hanya satu aplikasi tertentu saja yang mengalami Force Close, coba langkah-langkah berikut unuk mengatasinya.

1. Bersihkan Chace
Langkah yang paling sederhana dan paling umum untuk mengatasi permasalah di ponsel android adalah menghapus Chace.

Hapus Chace atau Clear Chace bisa di temukan pada menu pengaturan >> Aplikasi. Bersihkan Chace untuk aplikasi yang mengalami Force Close. Bila perlu anda juga bisa membersihkan Chace untuk semua aplikasi yang terinstall di ponsel.

Upayakan terdapat ruang kosong di memory ponsell sebesar 300-400 MB agar aplikasi bisa berjalan dnegan leluasa.

2. Instal Ulang Aplikasi
Instal ulang aplikasi yang mengalami Force Close tersebut. Karena salah satu sebabnya adalah aplikasi kemungkinan mengalami corrupt maka anda bisa mencoba menginstal ulang aplikasi yang bersangkutan agar lebih fresh.


Jika terdapat beberapa aplikasi yang mengalami Force Close, coba lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

1. Cek kapasitas memory.
Periksa kapasitas memory internal yang bisa diakses melalui menu Pengaturan

2. Cek Kompatibiltas
Cek apakah versi android anda kompetible dengan aplikasi yang ingin dijalankan tersebut.

3. Tutup Aplikasi lainnya
Sebelum menjalankan aplikasi yang mengalami Force Close, coba tutup semua aplikasi lain yang berjalan dan biarkan hanya aplikasi yang bermasalah yang dibuka.

4. Cek kemungkinan adanya Virus
Scan ponsel menggunakan anti virus yang terpercaya. Unduh dan instal anti virus langsung di Play store jika ponsel anda belum di lengkapi anti virus sebelumnya. Setelah selesai scaning, anda bisa menguninstal AV tadi agar tidak malah memberatkan kinerja ponsel. Karena saat ini kita sedang dalam misi mencari penyebab Aplikasi Force Close.

5. Uninstal aplikasi yang Force Close
Coba Uninstal dulu aplikasi yang mengalami Force Close tersebut dan jalankan aplikasi lain beberapa saat apakah terjadi Force Close atau tidak, jika tidak, bisa jadi permasalahannya ada di aplikasi yang dihapus tersebut. jika masih terjadi Force Close bisa jadi masalahnya ada pada sistem android.

6. Reset Ponsel
Jika semua langkah telah dicoba namun masih mengalami Force Close, langkah terakhir adalah mengembalikan sistem android ke stingan pabrik (Hard Reset). Jika kondisi ponsel baik-baik saja, seharusnya dengan jalan ini ponsel akan normal kembali.


Itulah informasi terkait Sebab musabab kenapa Aplikasi Android mengalami Force Close, dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Penyebab Force Close saat buka Aplikasi Android" ini ke temanmu :)