3 Motor ini menggunakan mesin Diesel sebagai Dapur Pacunya

Mesin Diesel memang jarang di gunakan pada sepeda motor, tapi bukan berarti tidak ada yang menggunakannya.

Mesin berbahan bakar solar ini paling terkenal dengan keiritan dan tenaga badaknya. Memang paling cocok untuk kendaraan pengangkut dan kendaraan jelajah.

Getaran tinggi dan berisik adalah salah dua hal yang menjadi kendala memasangkan mesin Diesel ke motor.

Meskipun begitu, 3 motor ini berhasil mengandalkan mesin berbahan bakar solar untuk penggerak roda.

Track T800CDI

Motor bergaya Turing, cukup hanya mengandalkan solar untuk menghidupkan mesin diesel 800 CC yang sudah dilengkapi turbo charger.

Sistem transmisi CVT dan menggunakan shaft drive sebagai penggerak akhir bisa menjaga tenaga mesin tersalurkan dengan baik.

Rumah gardan dan poros propellernya juga sekaligus berfungsi sebagai Arm untuk roda belakang yang di topang single suspension.

Baca juga :

Royal Enfield Taurus

Meskipun motor ini sudah discontinu di tahun 2000, tapi motor yang tayang perdana di tahun 1993 ini cukup populer di India yang merupakan base camp nya.

Royal Enfield Taurus menggunakan mesin 325 CC membuatnya bisa menempuh hingga jarak 85 Km hanya dengan bermodalkan 1 liter Bahan bakar.


The Hayes M1030 Military Motorcycle

Motor diesel untuk keperluan militer dibangun dengan basis motor KLR650 milik Kawasaki.

M1030 di kembangkan oleh Cranfield University di Inggris ini menggunakan mesin berkapasitas 670 CC yang di kembangkan secara khusus sehingga mampu mengkonsumsi aneka jenis Solar, bahkan juga bisa menggunakan bensin dan bahan bakar jet.


Itulah 3 motor bermesin diesel sebagai dapur pacunya. Mesin Diesel berbahan bakar Solar cocok digunakan sebagai kendaraan jelajah / turing jarak jauh atau sebagai kendaraan pengangkut hasil bumi.

Tapi kendala utama yang dihadapai mesin Diesel adalah kadar Emisi yang cukup tinggi. Meskipun teknologinya ada, tapi harganya akan membuat nilai jual motor menjadi tinggi.

Itulah salah satu alasan mengapa mesin diesel sulit diterapkan pada sepeda motor, bahkan beberapa motor yang sudah di produksi pun terpaksa harus discontinu.

Please Share Artikel "3 Motor ini menggunakan mesin Diesel sebagai Dapur Pacunya" ini :)

0 Response to "3 Motor ini menggunakan mesin Diesel sebagai Dapur Pacunya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.