Apakah yang dimaksud dengan Auto Sync di Android

Auto Sync, anda pasti sering menerima/menemukan istilah ini ketika menggunakan ponsel android.

Sebagai pengguna Android anda pasti penasaran dengan istilah ini, seberapa pentingnya pengaturan ini dan apa sebenarnya fungsinya.

Auto Sync (Automatic Synchronization = sinkronisasi otomatis) adalah merupakan Fitur Android yang akan mensinkronkan data antara yang ada di Server dengan di smartphone, sehingga setiap ada pembaruan status terkait akun anda akan ada notifikasi yang muncul di smartphone.

Jadi anda tidak perlu membuka aplikasi untuk mengetahui apakah ada informasi terbaru atau ada inbox masuk ke salah satu akun medsos anda.

Begitupun jika anda membuka Email Gmail di PC dan melakukan aktifitas berkirim pesan maka otomatis segala aktifitas tersebut juga terekam di ponsel yang menggunakan akun Google yang sama. Begitupun untuk Facebook dan lainnya yang memiliki halaman versi web.

Namun kendalanya tentu pada jumlah penggunaan kuota data internet, karena setiap notifikasi yang masuk, otomatis membutuhkan koneksi internet.

Semakin banyak akun yang disinkronkan maka akan banyak menyedot kuota, meskipun sebenarnya tidak seberapa. Oleh karena nya anda bisa memilih apakah akan mengaktifkan fitur ini atau tidak.

Jika anda memilih untuk menonaktifkan Fitur Auto Sync, silakan masuk ke menu Pengaturan dan temukan bagiam mene Akun dan Sinkronisasi.

Selanjutnya anda bisa langsung menonaktifkan Auto Sync dari semua akun yang anda miliki, tapi jika anda hanya ingin mematikan sebagian saja, bisa Tap satu-persatu ikon yang ingin di nonaktifkan.

Contohnya seperti pada ponsel Advan berikut ini, secara desain dan susunan ikon menu mungkin akan berbeda untuk setiap merk ponsel tapi pada intinya kurang lebih sama.

#1. Masuk ke menu Pengaturan

#2. Kemudian lihat menu Akun

#3. Disini anda bisa melihat daftar aplikasi yang sudah disinkroinkan anda juga dapat menambahkan akun atau menonaktifkan/mengaktifkan yang sudah ada.

Untuk mengaktifkannya cukup Tap pada ikon bergambar panah melingkar sehingga berubah warna menjadi hijau, begitupun untuk menonaktifkannya, Tap ikon tersebut hingga berubah warna menjadi abu-abu.

pengertian dan cara mengaktifkan Auto Sync di Android


Itulah sekilas info tentang Auto Sync dan cara penggunaannya di android. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Apakah yang dimaksud dengan Auto Sync di Android" ini ke temanmu :)