Cara Menampilkan informasi Tanggal Pada Kamera Ponsel Android

Cara menampilkan informasi atau keterangan Tanggal pada Kamera Ponsel terkadang masih menjadi misteri bagi sebagian pengguna ponsel android.

Pasalnya, informasi tanggal di sebuah Foto kadang diperlukan untuk memudahkan mengenali kapan foto hasil dokumentasi dari kamera ponsel tersebut diambil.

Meskipun pada dasarnya setiap foto yang diambil dari jepretan kamera (baik kamera ponsel, kamera pocket, kamera aksi, atau kamera DSLR), akan tersimpan dengan disertai informasi Metadata yang berisi keterangan terkait foto yang bersangkutan.

Keterangan tersebut biasanya berisi jenis kamera yang digunakan, nilai ISO, aperture, aplikasi yang digunakan dan termasuk juga waktu kapan foto tersebut diambil.

Tapi tentu akan merepotkan jika setiap ingin tahu kapan sebuah foto diambil harus membuka detail propertis-nya satu persatu.

Apalagi kalau foto yang disimpan tersebut ingin dijadikan koleksi pribadi, seperti foto saat jalan-jalan liburan ke suatu tempat atau foto-foto masa-masa perkembangan sang buah hati dari bayi yang baru belajar merangkak hingga mulai bisa berjalan.

Pasti sangat menyenangkan ketika melihat foto-fotonya dan mengetahui persis kapan foto tersebut di ambil, untuk mengenang-ngenang.
bahwa tanggal sekian bulan sekian jam sekian dede kecil yang lucu menggemaskan mulai bisa duduk sendiri”.
Sebenarnya untuk menampilkan tanggal pada foto hasil jepretan kamera ponsel tidaklah terlalu sulit, hanya saja memang tidak semua ponsel memiliki aplikasi kamera dengan fitur tanggal didalamnya.

Untuk mengetahui bagaimana cara menampilkan informasi tanggal pada hasil foto dari kamera ponsel android, berikut langkah-langkahnya.

Oke langsung saja kita simak bagaimana cara menampilkan tanggal pada foto hasil jepretan kamera ponsel android.

Cara menampilkan tanggal di kamera ponsel Android tanpa aplikasi.
  1. Buka aplikasi kamera yang ada di ponsel anda
  2. Masuk kemenu Setting
  3. Cari dan aktifkan pilihan fitur Timestamp

Cara menampilkan tanggal di kamera ponsel android dengan bantuan aplikasi

Jika aplikasi Kamera default di ponsel anda tidak menyediakan Fitur Timestamp anda bisa menggunakan Aplikasi Kamera pihak ketiga seperti Open Camera.
  1. Download dan instal aplikasi Open Camera
  2. Buka aplikasi open camera tersebut lalu masuk ke menu setting pilih photo setting kemudian pilih Stamps Photos
  3. Dalam menu Photo Setting tersebut, anda bisa juga melakukan pengaturan terhadap Datestamps dan Timestamps.
Cara Menampilkan informasi Tanggal Pada Kamera Ponsel Android


Dalam pengaturan Datestamps format anda bisa mengatur format penulisan tanggal apakah tanggal/bulan/tahun atau tahun/bulan/tanggal dll

Sedangkan pada Timestamps format anda bisa mengatur format jam apakah menggunakan format 24 jam atau 12 jam.

Anda juga bisa mengatur ukuran tulisan serta warna tulisan pada keterangan tanggal tersebut.

Aplikasi Open Camera tidak hanya dapat menampilkan informasi tanggal dan waktu melainkan juga informasi Koordinat tempat foto diambil.

Selain itu fitur-fitur menarik juga terdapat didalamnya seperti mengambil foto dengan suara atau siulan, timer, color effect, white balance, ISO, dan masih banyak lagi.


Begitulah kiranya informasi terkait cara menampilkan tanggal pada kamera ponsel android yang bisa disampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Please Share Artikel "Cara Menampilkan informasi Tanggal Pada Kamera Ponsel Android" ini :)

0 Response to "Cara Menampilkan informasi Tanggal Pada Kamera Ponsel Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.