Cegah Baret saat Mencuci Mobil sendiri di rumah

Perawatan sebuah kendaraan bermotor khususnya mobil adalah hal rutin yang perlu dilakukan untuk menjaganya tetap nyaman di gunakan.

Mencuci mobil merupakan salah satu dari kegiatan perawatan yang menjadi rutinitas pemilik mobil.

Meskipun sekarang telah banyak tempat pencucian mobil dengan beraneka ragam macam fasilitasnya, tapi kadang kita merasa enggan untuk mencucikan mobil di tempat cuci mobil.

Entah karena ingin berhemat, malas antri, atau lagi malas keluar rumah. Untuk itu keputusan mencuci mobil sendiri dirumah menjadi pilihan.

Mencuci mobil memang kelihatannya sepele, tapi ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat mobil bersih tanpa membuat bodi mobil menjadi baret.

Berikut ini 5 point penting yang harus diperhatikan ketika ingin mencuci mobil sendiri dirumah.

1. Sebelum mencuci, persiapkan dahulu semua bahan dan alat yang diperlukan diantaranya, kain lap halus sebaiknya gunakan kain microfiber, sabun khusus, spon, ember. Siapkan juga kanebo dan Wax untuk proses Finishing

2. Waktu untuk mencuci mobil sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari dimana matahari tidak terlalu terik. Yang terpenting adalah hindari mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat hasil cuci tampak belang.

Baca juga :

3. Mulai mencuci dengan menyiramkan seluruh bodi mobil menggunakan air yang disemprotkan lewat selang akan lebih bagus lagi jika anda memiliki jet steam. Langkah ini bertuuan untuk melunturkan debu-debu yang menempel di bodi mobil. Karen jika langsung di cuci dengan lap dikhawatirkan akan mengakibatkan bodi baret halus karena gesekan partikel debu dengan kain lap.

4. Setelah merasa yakin bodi mobil terbebas dari debu dan kotoran, selanjutnya siram bagian bodi mobil yang ingin di bersihkan menggunakan sabun khusus mobil, cuci lalu bilas.

5. Setelah semua bagian sudah bersih selanjutnya keringkan bodi mobil dengan kanebo, Agar bodi terbebas dari air yang menempel, diamkan beberapa saat hingga benar-benar kering. Selanjutnya anda bisa memolesnya dengan lapisan wax agar mobil anda terlihat semakin mengkilat dan berkilau.

6. Selesai. Anda telah berhasil mencuci mobil sendiri dirumah tanpa perlu repot antri di tempat pencucian mobil dan berharap semoga tidak hujan.

Cegah Baret saat Mencuci Mobil sendiri di rumah

Tips ketika mencuci mobil

1. Pastikan anda selalu membilas kain / spon yang digunakan untuk mengelap mobil ini untuk mencegah partikel debu yang terbawa di dalamnya melukai bodi mobil yang akan dicuci.

2. Pastikan cuaca tidak terlalu terik saat anda mencuci mobil, kalau dirumah anda terdapat kanopi akan lebih baik. Tapi meskipun begitu sebaiknya mencuci mobil saat teduh seperti sore atau pagi hari.

3. Untuk lebih praktis, anda bisa mencuci mobil secara bertahap bagian-perbagian dimulai dari tempat tertinggi.

Misalnya mulai dari atap bagian depan terus ke kap depan hingga sebatas bemper. Selanjutnya bagian atap bagian belakang turun sampai sebatas bemper belakang. Kemudian dilanjut ke sisi mobil kanan dan kiri.

Dengan cara ini proses mencuci mobil bisa sempurna, lain halnya jika anda mengguyur semua bagian mobil menggunakan sabun kemudian mencucinya dari depan ke belakang, baru nyuci setengah bodi, sabun bagian belakang keburu kering.

Ini bisa membuat cat bodi terlihat belang, itulah sebabnya juga sebaiknya jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung.

4. Sebaiknya gunakan kain lap yang berbeda untuk bodi mobil dan untuk Roda / spatboard.


Itulah sedikit Tips Sederhana untuk mencegah baret ketika mencuci mobil sendiri dirumah.

Please Share Artikel "Cegah Baret saat Mencuci Mobil sendiri di rumah" ini :)

0 Response to "Cegah Baret saat Mencuci Mobil sendiri di rumah"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.