Fungsi spoiler yang ada di Helm Racing

Spoiler atau semacam sayap tambahan telah umum di gunakan pada mobil yang diciptakan mengejar kecepatan melawan waktu.

Namun beberapa tahun belakangan ini, spoiler juga di gunakan pada helm khusus pengendara sepeda motor yang menginginkan performa terbaik dalam hal kecepatan.

Secara tampilan, helm yang sudah dilengkapi dengan spoiler memang tampak futuristik dan racing banget.

Tapi apakah spoiler di Helm Racing / helm Full Face hanya tentang penampilan?

Ternyata tidak! Spoiler di helm racing memiliki fungsi yang bisa memberi dukungan terbaik terhadap performa pembalap ketika berusaha mengalahkan waktu terbaik di setiap even balap.

Kecepatan tidak hanya mengandalkan kekuatan mesin dan kemampuan kendaraan. Tapi faktor pembalap juga sangat penting.

Pembalap yang dilengkapi Gear lengkap dengan teknologi mutakhir mampu memberi hasil yang beda.

Misalnya saja jika seorang pembalap Motogp dengan perlengkapan yang digunakan 20 tahun silam dibandingkan dengan perlengkapan balap masa kini. Meskipun motor dan pembalapnya sama, tentu hasilnya akan berbeda.

Karena nyali pembalap juga bisa di pengaruhi dengan Gear yang di kenakannya, apakah Marques akan berani melakukan aksi elbow down jika hanya pakai sendal jepit dan kaos oblong?

Segala riset dilakukan untuk mendapatkan performa terbaik, salah satu nya pada perangkat pelindung kepala yaitu Helm.

Helm balap sekarang ini telah dilengkapi spoiler yang berfungsi sebagai penunjang aerodinamika yang dapat mengalirkan angin dengan sempurna sehingga gangguan performa karena gesekan angin bisa diminimalisir.

Fungsi spoiler yang ada di Helm Racing

Turbelensi yang biasa terjadi di bagian belakang helm tanpa spoiler bisa mengganggu konsentrasi pembalap dan merugikan catatan waktu.

Helm bergetar godek-godek pada kecepatan tinggi adalah salah satu faktor yang perlu diminimalisir untuk mencapai kecepatan maksimal.

Saat Helem bergetar, otomatis kepala ikut bergerak seiring gerakan helm, untuk mengantisipasinya maka otomatis leher akan berusaha menahan getaran tersebut sehingga pembalap mudah lelah.

Spoiler menjadi jalan keluar mengurangi permasalahan tersebut.

Selain bergetar, ketika melaju pada kecepatan tinggi maka angin yang menerpa helm akan membuatnya terangkat yang membuat tekanan di leher semakin besar. Semakin besar kecepatan yang diraih semakin kuat daya angkat yang dihasilkan begitupun dengan gesekan angin yang lewat di sekitar helm.

Anda bisa mencoba mengilustrasikannya dengan menggunakan bola pimpong yang di hadapkan ke kipas angin, bagaimana reaksinya. Kemudian coba tempelkan karton yang dibentuk menyerupai spoiler dan lihat reaksinya, apakah signifikan?

Besarnya nilai turbulensi dibagian helm akan menghasilkan variable drag & daya angkat keatas, semakin kencang kecepatan berkendara maka akan semakin besar pula nilainya sehingga membuat leher kita jadi kurang nyaman.

Dengan penambahan spoiler yang dipasang pada posisi tertentu di Helm, maka nilai variable drag & lift ini bisa di tekan sehingga membuat pembalap merasa nyaman melaju pada kecepatan tinggi tanpa gangguan.

Pada perkembangannya Helm ber spoiler banyak di temukan di pasaran, sama juga dengan helm berkaca datar yang sering kita lihat digunakan pada balapan seperti motogp.

Baca juga:
Umumnya Helm-helm tersebut bertype Racing meskipun penggunaannya bisa untuk berbagai macam situasi dan kondisi, tidak harus balapan. Saat sedang turing pun Helm yang di lengkapi spoiler bisa sangat membantu kenyamanan berkendara sehingga tidak mudah lelah.

Jadi sekarang anda sudah tahu apa fungsi dari Spoiiler yang ada di Helm type Racing. Jika anda berencana membeli Helm yang ada Spoilernya, anda tidak perlu ragu lagi menjelaskan apa fungsinya atau Anda tidak salah langkah ketika melepas Spoiler dari Helm karena menganggap ini hanya aksesories dan mengganggu.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment