Kenapa Ponsel Android Tidak Mendapatkan Update OS Versi Terbaru

Android sudah sampai Oreo tapi kok hape saya masih Jelly bean saja dan gak pernah dapat pemberitahuan apapun dari manapun mengenai update versi.

Kadang pertanyaan ini muncul di benak penguna android begitu melihat berita tentang fitur-fitur canggih di android versi terbaru.

Akhirnya harap-harap cemas menunggu berhari-hari, bermingu-minggu, berbulan-bulan ternyata hanphone android tidak pun mendapat notifikasi untuk pembaruan, Ada apa gerangan??? Apakah ada semacam konspirasi masif yang menghalang-halangiku mendapat update android.. 

"Jangan berpikir terlalu fiksi dulu'.

Mari kita cari tau kenapa Androidmu tidak mendapat update OS terbaru padahal sebentar lagi Android "P" (Panada) akan rilis. (Seandainya yaa pakai nama PANADA).

Ponsel Android mengalami update lumayan cepat, perasaan baru kemarin Update Marsmallow tau-tau sudah muncul aja Nougat sebagai Versi baru android, belum sempat incipi Nougat sudah datang Oreo. "Trus tadi yang makan tahu-isi siapa??", ehh.

Dari sekian banyak nama versi Android ternyata tidak ada satu pun yang diambil dari kudapan asal Indonesia, Apakah ini alasannya kenapa Androidmu tidak mendapatkan Update walaupun sudah menunggu cukup lama.

Ternyata tidak saudara-saudara….

Apakah karena Ponsel anda bukan buatan Google...

Tidak juga saudara-saudara, yaaa meskipun biasanya kalau ada update OS baru, Google Nexus lah yang pertama merasakan meskipun pakai alasan tes-drive lah, untuk mengetahui Bug atau alasan semacamnya.

Apakah karena Ponsel anda tidak prospek?

Yaa bisa jadi ini alasan yang paling masuk akal.


Mungkin produsen ponsel enggan mnengupdate OS terbaru untuk ponsel anda karena dianggap buang-buang energi.

Mungkin saja karena ponsel anda dianggap tidak terlalu sukses di pasaran sehingga tidak menambah pundi-pundi finansial yang signifikan bagi perusahaan.

Atau bisa jadi juga dikarenakan ponsel anda sudah terlalu berumur untuk mendapatkan update OS terbaru dengan seabreg fitur baru.

Karena Update OS keluaran 2018 untuk di pasangkan pada handphone produksi 2015 tentu akan menguras energi dan pikiran sang programmer.

OS jaman Now pada hardware ponsel jaman OLD, Ini seperti mencoba memaksakan Windows 10 di Prosesor komputer Pentium 3. Do You know what the feel??

Jadi jika ada update OS android terbaru, yang lebih cenderung mendapatkan updetan adalah ponsel-ponsel terbaru karena secara hardware dan teknologi tidak terlalu jauh kesenjangannya.

Misalnya begini, update OS terbaru pada android terdapat fitur Picture to Picture yang membuat penggunannya bisa menonton sambil menjalankan aplikasi lainnya dalam satu layar. Apakah yakin fitur ini dapat berjalan sempurna di prosesor jadul dengan RAM 512?

Sedangkan ponsel anda keluaran tiga tahun silam yang secara hardware, sangat tidak mendukung fitur baru yang ada di versi android terbaru tersebut.

Produsen jadi serba salah kalau mau mengeluarkan update terbaru untuk ponsel anda karena berbagai pertimbangan baik teknis maupun ekonomis. 

Programernya juga setengah hati mau buat updetan untuk ponsel anda karena kalaupun diupdate akan banyak fitur baru yang tidak berjalan di ponsel jadulmu.


Jadi kesimpulannya kenapa androidmu tidak juga mendapatkan pemberitahuan update terbaru didasarkan atas alasan diantaranya ;

# Kebijakan Produsen

Tidak semua Ponsel mendapat pemberitahuan update langsung di ponsel via OTA (Over The Air). Kalau seperti ini, anda harus memeriksa adanya update langsung di website resmi dari ponsel yang anda gunakan. Misalnya untuk Asus Zenfone bisa dilihat di www.Asus.com.


# Faktor Ekonomis

Pengguna Ponsel sejenismu tidak banyak, misalnya hanya ada 100 orang yang pakai di seluruh Indonesia, kalau sudah begini produsen juga aras-arasen mau bikin apdetan untuk 100 ponsel dan belum tentu juga 100 ponsel tersebut masih hidup semua. 

Misalnya Brand Capuraca mengeluarkan HP seri Dundung yang ternyata hanya laku 100 unit, kemudian ada juga seri Dandang yang ternyata cukup laris hingga laku 300 juta unit di seluruh Indonesia (padahal penduduk Indonesia katanya 260 juta orang, hebat yaa).

Maka otomatis jika ada update terbaru, yang lebih diprioritaskan adalah seri Dandang karena potensi ekonominya besar, iya nggak?


# Faktor Teknis

Kalau ini murni masalah hardware yang sudah tidak mendukung lagi jika musti update ke OS terbaru. Jadi tidak bisa lagi di anggap konspirasi masif kalau sudah begini. Tidak ada jalan lain selain beli ponsel baru.


Seperti itulah kira-kira kenapa Ponsel Android tidak mendapatkan pemberitahuan dan/atau Update OS versi terbaru. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Kenapa Ponsel Android Tidak Mendapatkan Update OS Versi Terbaru" ini ke temanmu :)