Tips mengatasi Avanza Xenia yang terasa Limbung

Mobil LGCC type Avanza dan Xenia cukup populer di kalangan pecinta otomotif. Karena mobil kelas LGCC ini menargetkan pasar low entry awalnya, namun berkembang menjadi mobil kelas premium akhirnya.

Kendala yang sering dirasakan oleh pengguna Avanza / Xenia adalah gejala Limbung saat di gunakan bermanufer pada kecepatan medium hingga kecepatan tinggi.

Bisa dimaklumi karena mobil ini sejatinya tidak untuk berlari kencang, dan mengejar kenyamanan, jadi bagian shock di buat empuk yang terpaksa harus mengorbankan stabilitas di kecepatan tinggi.

Tapi gejala limbung bisa diatasi dengan mudah, berikut ini langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk mengurangi gejala limbung pada Avanza dan Xenia.

Tips mengatasi Avanza Xenia yang terasa Limbung

Body Roll atau Limbung pada Avanza / Xenia bisa diatasi dengan 3 metode, yaitu :.

1. Mengganti per Keong

Mengganti per keong standart dengan buatan aftermarket yang lebih keras dari pada per keong standart.

Gejala limbung pada avanza dan xenia bisa di sebabkan karena per keong standart tidak mampu menahan beban berlebih ketika bermanufer. Sehingga mobil terasa mengayun


2. Mengganjal per Standart

Cara ini menjadi solusi mudah dan murah untuk menambah kekerasan perangkat suspensi Avanza/Xenia sehingga meredam bantingan shock saat melewati jalan berlubang.

Dari pada mengganti seperangkat per keong dengan produk after market, sebagian pengguna Avanza memilih untuk mengganjal per standart dengan damper yang banyak pilihannya dari berbagai merk seperti Hurricane Spring Buffer, Valen Sport Dumper, Balance Sport Dumper, dll.

Pemasangan alat ganjal ini masih Pro Kontra, ada yang menganggapnya efektif ada juga yang menilainya dapat merusak sistem suspensi.

Jadi jika anda berencana memasang alat ini sebaiknya konsultasikan dengan teknisi langganan anda untuk mendapatkan kepastian.


3. Memasang anti roll bar

Anti roll bar untuk Avanza / Xenia bisa di pilih untuk berbagai posisi.

Di pasaran tersedia anti roll bar untuk di pasang pada bagian belakang, depan, mesin mobil atau di fender samping.

Dengan memasang besi melintang dari kiri ke kanan ini chassis avanza dan xenia akan lebih rigid sehingga mengurangi gejala limbung. Jadi tidak perlu lagi khawatir “goyang” ketika berpapasan dengan truk besar di jalan tol.


Itulah 3 cara mengatasi mobil Avanza / Xenia yang limbung dan terasa berayun ketika bermanufer, melewati jalan rusak atau berpapasan dengan kendaraan besar yang membuatnya goyang karena terpaan angin.

Cara ini juga biasa di terapakn untuk jenis mobill lain yang ingin meningkatkan rigitifitas chasis agar mobil lebih stabil di berbagai kondisi jalan. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment