Tips JITU untuk mengatasi Error pada fingerprint Xiaomi

Ponsel Xiaomi menjadi salah satu pilihan para pecinta android karena ponsel ini berbanderol murah tapi fitur dan spesifikasinya cukup tinggi.

Fitur canggih yang ada pada Smartphone Xiaomi salah satunya adalah Fingerprint atau sensor sidik jari.

Sensor sidik jari memang lebih praktis, lebih mudah tapi aman dibanding metode lainnya seperti pola kunci atau PIN yang bisa saja lupa polanya atau kombinasi pin nya.

Sedang metode sidik jari, anda tidak mungkin lupa membawa sidik jari anda saat bepergian, jadi metode ini lebih praktis mudah dan aman.

Ponsel-ponsel buata Xiaomi yang sudah memiliki teknologi pemindai sidik jari diantaranya adalah Redmi Note 3, Redmi 4, Redmi Note 4, Mi Mix, Mi5, Redmi Pro, dll.

Ponsel-ponsel bersensor sidik jari ini relatif lebih murah dibanding ponsel merk lain sekelasnya. Katakanlah seperti Redmi Note 3 yang cukup laris dipasaran karena relatif lebih murah dibanding ponsel sejenis yang mengusung teknologi fingerprint.

Namun selama pemakaian, sensor fingerprint bisa saja error dan sulit mendeteksi sidik jari yang bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti jari yang kurang bersih hingga sulit dideteksi atau memang ada sedikit masalah pada ponsel / sensor fingerprint yang perlu di tanggulangi.

Tips JITU untuk Mengatasi Masalah Fingerprint XIAOMI

Untuk anda yang menggunakan Smartphone buatan Xiaomi dan menghadapi masalah dengan fitur fingerprintnya, anda tidak perlu khawatir karena berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Pastikan Bersih

Pastikan kondisi jari dan sensor dalam keadaan bersih, anda bisa mengelap dengan menggunakan lap microfiber atau gunakan tisu lembut.


2. RESET Sistem Xiaomi

Untuk kenyamanan dan praktisnya, sebaiknya backup semua data serta aplikasi penting sebelum melakukan reset system, agar nanti ketika selesai di reset, anda bisa merestore data-data tersebut ke sistem ponsel.

Untuk mereset Xiaomi, anda perlu masik ke menu Setting >> Backup & Reset

Lalu pilih opsi Factory Data Reset >> Reset Phone

Nanti ponsel akan reboot dan ponsel anda kembali ke pengaturan pabrik

Perlu diingat kembali, bahwasanya langkah mengatasi Eror pada fingerprint Xiaomi dengan meresetnya bisa membuat ponsel anda kembali ke setingan pabrik, jadi sangat penting untuk membackup semua data penting yang ada didalamnya.


3. Update Versi MIUI


Sering terjadi fingerprint menjadi eror karena ROM MIUI corrupt atau mendapat update bukan versi yang stable.

Untuk itu coba update versi MIUI dan pastikan gunakan versi stabil. Lakukan update Xiaomi melalui menu di Updater di ponsel.

Banyak kejadian problem fingerprint di Xiaomi disebabkan ROM MIUI yang corrupt filenya atau bahkan bukan versi yang stabil. Untuk itu coba lakukan pembaruan versi MIUI dengan yang terbaru dengan menekan tombol check for update pada menu Updater.

Tapi jika deteksi otomatis melalui Menu Updater tidak membuahkan hasil, anda bisa mendownload ROM MIUI untuk ponsel anda dihalaman Global ROM Xiaomi

Karena ukuran file ROM lumayan besar, pastikan kuota anda mencukupi atau cari HOT-Spot gratisan untuk mendownloadnya.
  • Setelah selesai didownload, simpan file tersebut ke memory internal xiaomi lalu rename / ganti namanya menjadi update.zip 
  • Selanjutnya bukalah Aplikasi Updater dan tap ikon menu (ikon titik tiga) pojok kanan atas lalu pilih opsi 'choose update package' 
  • Arahkan ke file yang telah anda download tadinya dan silahkan tunggu proses pembaruannya, pastikan baterai ponsel anda dalam posisi penuh. 

Itulah Cara jitu yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error pada fingerprint Xiaomi. Jika anda tidak yakin bisa mengatasinya, sebaiknya serahkan kepada ahlinya, yaitu di Service Center Resmi atau yang terpercaya di kota anda.

Share Informasi "Tips JITU untuk mengatasi Error pada fingerprint Xiaomi" ini ke temanmu :)