Apa sebenarnya fungsi Wheel Knob Di Setir Mobil

Pasang Power Handle sepertinya keren tapi apa sebenarnya fungsinya?

Wheel Knob berupa benda bulat seperti knop pintu yang dapat berputar bebas dan di pasangkan pada roda kemudi mobil, ini merupakan salah satu variasi yang cukup diminati karena bentuk dan desainnya yang keren membuat tampilan kabin lebih berwarna.

Alih-alih terlihat keren, aksesories ini sebenarnya bisa malah membahayakan jika pengguna tidak mengetahui persis apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya.

Alat bisa jadi berbahaya ketika setelah membelok dan akan kembali ke posisi lurus biasanya roda kemudi akan berputar menyesuaikan arah roda dan ini bisa berbahaya jika knob menghantam siku tangan atau mengenai tulang rusuk pengemudi.

Itulah mengapa di mobil balap yang membutuhkan manuver cepat seperti mobil rally, F1, dan kawan-kawannya tidak menggunakan alat ini.

Knob Power Handle biasanya lebih banyak digunakan pada kendaraan berkecepatan rendah seperti Truk, Traktor, Forklift, atau kendaraan-kendaraan yang sering harus membelok tajam.

Seperti Forlift yang harus berbelok tajam diantara tumpukan barang yang ada didalam gudang. Saat berbelok harus memutar roda kemudi hingga menghasilkan sudut belok yang besar.

Tanpa bantuan Wheel Knob tentu akan sulit dilakukan, sekali dua kali tidak akan berasa tapi kalau sampai seharian harus mengendarai forklift dalam gudang sempit, pasti akan butuh banyak jamu.

fungsi Wheel Knob Di Setir Mobil

Aksesoris ini memiliki bermacam nama julukan seperti neckers knobs karena dengan alat ini lebih mudah mengendalikan mobil dengan satu tangan sementara tangan lainnya merangkul mesra pasangan yang duduk di kursi penumpang.

Atau ada juga yang menyebutnya dengan julukan Knuckle buster, karena ketika anda melepaskan kemudi setelah berbelok maka roda kemudi akan otomatis berputar menyesuaikan arah roda kembali ke posisi lurus dan saat berputar inilah knob bisa saja mengenai tulang rusuk, siku atau pergelangan tangan.

Dan banyak lagi julukan unik yang di berikan kepada aksesoris yang khusus dipasang pada roda kemudi mobil ini.

Tujuan utama dipasangnya alat ini pada roda kemudi adalah untuk memudahkan pengemudi mengendalikan kendaraan dengan satu tangan baik itu karena keterbatasan fisik sehingga hanya bisa mengemudi dengan satu tangan atau memang karena tuntutan pekerjaan.

Pekerjaan seperti operator forklift gudang harus mengemudi sembari berkomunikasi melalui radio dimana satu tangan di roda kemudi sementara tangan lainnya mengoperasikan peralatan radio komunikasi. Pengemudi truk yang harus mengemudi dengan satu tangan sementara tangan lainnya mengoperasikan perseneling dan tombol-tombol penting lainnya di dashboard.

Aksesories ini juga sangat membantu mengendalikan roda kemudi ketika mobil akan parkir.
Setiap aksesories yang di ciptakan untuk kendaraan pastilah memiliki fungsi yang bermanfaat dan bisa memudahkan penggunaan kendaraan tersebut.

Tapi jika aksesories tersebut mempengaruhi pengoperasian kendaraan, handling, dan maneuverability maka sebaiknya perlu penyesuaian terkait cara berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Please Share Artikel "Apa sebenarnya fungsi Wheel Knob Di Setir Mobil" ini :)

0 Response to "Apa sebenarnya fungsi Wheel Knob Di Setir Mobil"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.