Apakah Velg motor Peyang boleh di Press?

Velg motor bisa berubah bentuk atau peyang karena berbagai sebab, salah satunya adalah karena tanpa sengaja menginjak lubang dengan kecepatan tinggi.

Yang membuat resah adalah ketika melihat bentuknya yang sudah tidak bulat lagi dan sepertinya tidak ada harapan untuk di gunakan lebih lama.

Padahal diluar sana ada jasa servis yang menerima perbaikan Velg yang peyang.

Tapi kemudian muncul pertanyaan, kira-kira apakah boleh Velg yang peyang di servis/di press?

Sebenarnya sah-sah saja alias boleh-boleh saja kalau mau press Velg motor yang peyang, tapi perlu dilihat kembali jenis Velg yang digunakan dan tingkat kerusakannya.

Kalau motor habis menginjak lubang sekali dua kali, kemungkinan Velg tidak terdeformasi terlalu banyak tapi motor sudah terasa geol-geol.

Tapi kalau bekas nabrak atau ditabrak mungkin bisa terdeformasi cukup banyak hingga tampak perubahan bentuknya atau bahkan sampai retak dan pelg sudah tidak bisa digunakan.

Untuk Velg type Jari-jari umumnya kerusakan pada Velg masih bisa di perbaiki tukang press Velg, paling banter ganti Ruji, sisanya tinggal keahlian tukang press Velg dengan metode getok kanan kiri hingga Velg kembali normal. Dan secara ikatan molekul tidak banyak terganggu dengan proses restorasi.

Kalau type Velg Palang atau Velg Racing yang berbahan almunium alloy agak sulit penerapannya. Beberapa kasus, proses pengerjaannya perlu melalui proses pemanasan agar velg mudah di bentuk kembali seperti semula.

Proses pemanasan ini bisa merubah struktur molekul pembentuk Velg, jadi kekuatan Velg sudah tidak sama antara bagian yang terimbas proses perbaikan dengan bagian lainnya.

Apalagi kalau pelek sampai retak atau patah maka akan ada proses “pengelasan” atau penambahan “daging” pada bagian peleg yang retak. Struktur molekul bahan tambahan ini tentu berbeda dengan elemen dasar pembentuk pelg.

Jadi ketika meggunakan pelg yang sudah mengalami perbaikan berat seperti ini, sebaiknya lebih berhati-hati menggunakannya, tidak bisa lagi berkendara seperti Valentino Rossi atau Marques yang hobi hard braking serta elbow down.

Sebaiknya kalau ada rejeki segera ganti..

Please Share Artikel "Apakah Velg motor Peyang boleh di Press? " ini :)

0 Response to "Apakah Velg motor Peyang boleh di Press? "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.