Bahaya Modif Lampu menjadi HID dan LED

Lampu Utama kendaraan menjadi mata tambahan bagi pengemudi agar dapat melihat dalam gelap.

Lampu ini selain menjadi alat pencahayaan juga menjadi alat komunikasi antar sesama pungguna jalan.

Banyak jenis lampu yang beredar di pasaran diantaranya adalah Lampu High Intesity Discharge (HID) dan Light Emitting Diode (LED).

Kedua type lampu ini diyakini lebih terang dibanding bohlam lampu biasa yang menjadi standart pabrik untuk mobil kelas Low-End.

Sekarang mulai banyak mobil bauatan pabrik yang menggunakan lampu jenis LED atau HID, pemasangannya tentu sudah di perhitungkan dengan matang.

Oleh karena itu banyak pengguna kendaraan yang lampunya masih pakai bohlam biasa menjadi tertarik untuk menggantinya dengan lampu HID atau LED.

Sayangnya penggantian tersebut tidak dibarengi dengan kaedah yang benar dan tanpa standart yang sesuai. Main asal pasang saja, asal terang, tapi gak peduli efeknya bagi pengguna jalan lain.

Mungkin ada juga yang berpikir kalau lampu mobil sama saja dengan lampu rumah, yang penting terang gak peduli dia mau nyorot kemana, semakin luas pencaran cahayanya semakin baik.

Arah sorot lampu kendaraan itu sejatinya sudah di riset, di teliti dan di tetapkan dan ada aturannya kawan.

Bahwa arahnya harus cenderung menyenter kebawah, lampu yang ada disebelah kiri menyorot kedepan dan melebar kekiri untuk menyenter bahu jalan, sedangkan lampu sebelah kanan cenderung lurus kedepan dengan sedikit melebar tapi tidak sampai masuk kejalur lawan. "Ribet kan...."

Sedangkan lampu motor, menyorot kedepan dan agak serong kekiri dan arah cenderung kebawah. Bingung kan? untungnya anda tidak perlu pasang sendiri, karena kendaraan sekarang sudah lengkap dengan lampunya.

Saat ujug-ujug lampu yang sudah dipasang berdasar standart tingkat keselamatan ini di ganti dengan lampu HID atau LED yang tidak memperhatikan aturan tadi, maka buyarlah tatanan keselamatan di jalan raya.

Yang pakai HID sih asyik-asyik saja, jalan malam berasa siang, tapi bagi kendaraan didepannya jalan malam berasa belum bayar tagihan listrik. #byar..pet.

Arah sorot lampu yang tidak tepat bisa menciptakan blindspot dan berdampak kebutaan sementara karena silau bagi pengemudi kendaraan dari arah berlawanan. 

Jangankan HID atau LED, sorotan lampu jauh dari bohlam standart saja bisa sangat mengganggu penglihatan saat di set pada High-Beam.

Apalagi kalau lampu putih berspektrum 5000 Kelvin tanpa projector, siap-siap saja di lempar sendal.

"woii sendal siapa nih! kok gak sopan nongkrong di dashboard orang..."

"...Lampu elu tuh ga sopan, nyulek-nyulek mata orang"

Jadi jika ingin memodifikasi kendaraan, sebaiknya pertimbangkan juga dampaknya bagi pengguna jalan lain apakah membahayakan atau tidak. 

Lampu HID tidak hanya berbahaya bagi pengendara lain dari arah berlawanan tapi bagi pengguna lampu HID dan LED itu sendiri.

Pasalnya Lampu type HID dan LED berwaran puith tidak mampu menembus air hujan. cahaya yang terefleksikan oleh air hujan akan menyilaukan pengendara dan mengaburkan penglihatan.

Selain kondisi hujan, kondisi berkabut juga sulit ditembus oleh cahaya lampu putih yang di pencarkan oleh lampu HID atau LED. Oleh karena itu ada namanya lampu kabut yang khsusus digunakan untuk menjadi pencerah di medan berkabut.

Lampu jenis HID juga menghasilkan panas yang tinggi dan bisa membuat rumah-lampu meleleh.

Jadi pahami lah kalau modif lampu HID atau LED itu bisa berbahaya bagi pengguna jalan lain dan merugikan anda sendiri nantinya, Jika memang anda berniat ingin mengganti lampu standart anda dengan HID atau LED sebaiknya serahkan pada ahlinya. 

Pasang lampu HID yang sudah pakai projector agar sorot cahayanya bisa terarah, jangan hanya kejar murah sehingga hanya ganti bohlamnya saja lali dipasang ke batok standart.

Kecuali jika anda memodif untuk ikut kontes yaa gak masalah. Karena mobil kontes umumnya tidak dijadikan kendaraan operasional sehari-hari.

Jika ingin tetap menggunakan Lampu HID sebaiknya konsultasikan dengan bengkel yang sudah berpengalaman dan memiliki spesialisasi yang berhubungan dengan lampu Utama kendaraan.


Please Share Artikel "Bahaya Modif Lampu menjadi HID dan LED " ini :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Modif Lampu menjadi HID dan LED "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.