Biar Sehat Mobil perlu ngebut sekali-kali

Tidak jauh berbeda dengan manusia, mobil juga perlu mengeluarkan toxic dalam mesin yaiitu endapan sisa karbon hasil pembakaran.

Karbon ini bisa menumpuk dan semakin menumpuk seiring penggunaan mobil dalam jangka lama.

Penumpukan karbon bisa terjadi karena kualitas bahan bakar buruk, bensin yang tidak sempat terbakar saat mesin dimatikan, mesin sering bekerja di putaran dan kecepatan rendah.

Untuk mengeluarkan endapan karbon dari dalam mesin, mobil perlu di ajak lari dalam kecepatan tinggi sekali-kali, kalau kondisinya memungkinkan.

Tapi jika tidak mungkin, cukup injak pedal gas dalam-dalam beberapa kali saat memanaskan mobil di pagi hari.

Blayer-blayer mobil saat pagi hari bisa membantu mengeluarkan kerak yang ada di saluran knalpot dan deposit diruang bakar.

Tapi tidak perlu melakukan ini setiap hari, cukup sekali-kali saja, sebulan sekali atau sebulan dua kali kalau jam terbang mobil cukup tinggi.

Saat memanasi mesin mobil, dan setelah mesin mencapai suhu optimalnya, injak gas dalam-dalam sebanyak 2 atau 3 kali. Sekali injak, tahan 3-5 detik lalu lepas kemudian biarkan langsam beberapa saat sebelum mematikan mesin mobil.

Selain dengan membuat mesin mobil berputar pada RPM tinggi, deposit karbon di ruang bakar juga bisa di bersihkan dengan menggunakan Carbon Cleaner.

Seperti manusia yang perlu berolahraga untuk mengeluarkan keringat, mobil juga perlu “olahraga” untuk membuang tumpukan kerak karbon diruang bakar.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment