Cara Mengatasi Indikator Engine Check Menyala Terus

Mobil jaman sekarang itu mulai cerdas bisa "ngobrol" dengan pemiliknya bila terjadi sesuatu pada dirinya.

Salah satu cara komunikasi mobil adalah melalui lampu indikator di dashboard. Lampu indikator ini mewakili berbagai fitur yang ada di mobil seperti indikator seat belt, indikator ABS, engine check, dll.

Ketika terjadi masalah pada salah satu sistem di mesin maka lampu indikator engine check akan menyala.

Indikator engine check menyala bisa karena mendeteksi adanya malfungsi pada mesin mobil.

Malfungsi disini merujuk kepada hasil deteksi sensor sensor yang mensinyalir adanya kinerja komponen di mesin yang bekerja diluar batas toleransinya. Atau mungkin malah sensornya yang bermasalah karena mungkin sudah kotor atau kabel konektornya longgar.

Jadi ketika salah satu sensor mendeteksi hal yang dianggap tidak bekerja sebagaimana mestinya maka engine check akan menyala untuk memberi tahukan kepada pemilik agar segera melakukan pemeriksaan.

Namun terkadang indikator check engine mengirimkan sinyal false alarm sehingga bisa diatasi tanpa harus melakukan scanning di bengkel yang biayanya lumayan buat beli bensin.

Mengatasi Indikator Engine Check Menyala Terus otonao

Cara Mengatasi Indikator Engine Check Menyala Terus

1. LEPAS KABEL AKI

Ketika menemukan indikator engine check menyala terus tidak mati-mati meskipun mesin sudah dihidupkan jangan panik. matikan mesin.

Lalu buka kap mesin dan lepas Kabel aki negatif. Tempelkan kabel Negatif ke konektor kabel Positif selama 2-3 detik.

Pasang kembali kabel Negatif ke kutub Negatif Aki. Lalu Coba cek kembali dengan menyalakan mesin mobil, apakah lampu indikator check engine sudah normal. Jika normal berarti hanya False Alarm.


2. LEPAS SEKRING

Selain Cara diatas, ada cara lain untuk mengatasi lampu indikator check engine menyala terus yaitu dengan melepas sekring EFI di Fusebox yang berada di ruang mesin.

Cara ini biasa diterapkan pada mobil Avanza/Xenia, mungkin bisa juga coba pada mobil jenis lain.

Lepas Sekring EFI selama beberapa menit (5-10 menit). Setelah 5-10 menit coba hidupkan dan lampu check engine sudah normal kembali.

Jika masih tetap menyala sebaiknya segera periksakan ke bengkel untuk dilakukan Scanning.

Jadi ketika menemukan lampu check engine menyala terus, tidak perlu panik. Lakukan tindakan penanganan pertama dengan dua metode diatas. 


Tapi jika setelah mencoba dua cara diatas, indikator check engine masih tetap menyala, maka anda perlu memeriksakan mobil ke bengkel untuk dilakukan scanning mungkin saja benar terjadi kegagalan system pada mobil anda.

Ketika lampu check engine menyala, mesin mobil tidak akan mogok seketika tapi mungkin performanya sedikit menurun. Mungkin akan terasa mbrebet, tarikan lemot, susah starter dan boros bensin atau mungkin hanya false alarm.

Please Share Artikel "Cara Mengatasi Indikator Engine Check Menyala Terus" ini :)

0 Response to "Cara Mengatasi Indikator Engine Check Menyala Terus"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.