Fungsi Aksesoris pada HELM Jaman sekarang

Helm, Kalau yang dulu biasa pakai helm cetok/cebok tidak banyak aksesorisnya, paling banter pakai kacamata bergaya pilot jaman dulu.

Semenjak aturan penggunaan helm berubah yang harus memenuhi standart keamanan yang lebih tinggi dan tidak membolehkan lagi penggunaan helm cetok, maka tren helm pun berubah.

Sekarang Helm tidak hanya sekedar pelindung kepala tapi juga merambah ke fungsi dan fitur lain yang lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Ada antifog, spoiler, tear off, dan lain sebagainya, apa saja fungsi dari perangkat tersebut pada helm bagi penggunanya. Mari kita lihat bersama.

Double Visor

Seperti namanya, Helm berfitur double visor memiliki dua buah visor, yang satu berbentuk konvensional dan satu lagi berbentuk seperti kaca mata dan bisa di buka tutup sesuai kebutuhan.

Kaca ini biasanya terselip de balik busa helm sebelah dalam dan terhubung dengan knob di bagian luar helm untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya.


Spoiler

Sekarang ini di helm ada juga yang namanya spoiler. Tidak hanya motor/mobil balap saja yang pakai spoiler, helm juga pakai dan fungsinya juga sama sebagai penunjang aerodinamika.


Antifog

Teringat Fogging gak sih, secara tersirat mungkin sama-sama membuat mata sulit melihat.

Antifog adalah semacam alat tambahan yang di pasangkan pada helm untuk mencegah terjadinya embun pada visor.

Embun yang menutupi kaca helm tentu akan mengganggu penglihatan dan bisa berbahaya. Embun ini bisa terbentuk ketika suhu udara cukup dingin di pagi hari atau saat hujan.

Antifog ada yang berupa masker tambahan, ada yang berupa lapisan tambahan yang di tempelkan pada bagian dalam visor ada juga yang berupa cairan yang disemprotkan pada permukaan visor bagian dalam.

antifog pengarah udara helm fullface


Tear Off

Tidak ada hubungannya dengan air mata (tears), Tear Off adalah semacam lapisan pelindung kaca helm dari kotoran atau goresan yang lagi-lagi bisa mengganggu penglihatan.

Tear off bisa di lepas jika sudah mulai kotor dan tergores. Jika anda sering nonton MotoGp pasti anda pernah melihat pembalap melepas sesuatu dari kaca helmnya saat akan start atau saat balapan, nah yang dilepas itu adalah tear off.

Tear off ini bisa 1 atau 2 lapis di Visor helm, umumnya di pasang pada helm yang sudah menerapkan Visor Flat.


Headset

Perangkat tambahan untuk helm, berfungsi sebagai interkom yang memudahkan komunikasi baik antara pengemudi dan penumpang atau dengan pengendara lain di jaringan yang sama.

Selain sebagai alat komunikasi headset tambahan untuk helm ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik dari handphone android menggunakan koneksi bluetooth.


Lampu Rem

Helm sekarang pun memiliki aksesoris lampu rem yang bisa ditempelkan pada helm tanpa harus menghubungkannya dengan sistem kelistrikan motor (Wireless).

Lampu akan bekerja otomatis mendeteksi kecepatan motor dan ketika motor melambat lampu rem otomatis ini akan menyala layaknya lampu rem pada motor yang ditrigger oleh saklar di tuas rem.


Itulah Fungsi Aksesoris pada HELM, aksesories helm bisa ditambahkan pada helm untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Beberapa aksesories memang sudah ada sejak dulu namun tidak populer karena pada jaman tersebut masih mengandalkan helm cetok yang minimalis sedangkan penggunaan helm fullface masih jarang dan dianggap barang mewah.

Please Share Artikel "Fungsi Aksesoris pada HELM Jaman sekarang" ini :)

0 Response to "Fungsi Aksesoris pada HELM Jaman sekarang"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.