Fungsi Bodi ternyata Tidak hanya sebagai "Pemanis Buatan"

Body berbahan plastik menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan daya tarik terhadap sebuah motor produksi masal.

Spesifikasi mesin canggih dengan teknologi terkini tidak akan banyak menarik minat pasar jika tampilan bodinya tidak di garap serius.

Telah banyak motor yang harus “mati muda” hanya karena bodinya tidak menarik, padahal mesinnya tidak kalah di banding kompetitor yang memiliki bodi aduhai.

Don’t Judge a book by its cover, artinya jangan menilai sebuah motor hanya dari sampulnya saja. Bisa jadi sampulnya jelek tapi mesinnya sangat berkualitas. Tapi kalau bisa dapat motor yang tampilannya bagus dan mesinnya gahar kan lebih mantap, ya gak?.

Penerapan bodi motor sudah merambah kesemua jenis type motor. Kalau dulu, kita masih ketemu motor yang pakai rangka pressed bodi seperti milik Honda Astrea Grand, Yamaha "Robot", Suzuki A100 dll. Atau motor beraliran Naked seperti RX-King, Binter Merzy, CB 100 dll.

Kalau sekarang, umumnya sepeda motor sudah pakai beragam teknologi rangka yang kemudian dibalut dengan bodi plastik.

Bodi pada sepeda motor tidak hanya berguna sebagai pemanis buatan, tapi juga untuk melindungi komponen penting sepeda motor.

bodi motor mio otonao

Kabel bodi, ECU, bagasi, karburator/injektor, busi, saluran bensin dsb, merupakan tumpukan komponen penunjang motor yang bersembunyi di balik bodi. Perangkat kelistrikan motor akan aman dari kemungkinan terkena air hujan yang bisa mengakibatkan konslet.

Bodi juga berguna untuk memaksimalkan pengamanan barang bawaan yang tersimpan dalam bagasi. Setidaknya dengan desain bodi yang menutup rapat hingga rangka jok, barang yang tersimpan didalamnya tidak mudah jatuh atau akan menyulitkan tangan jahil untuk mengambil barang yang tersimpan didalamnya.

TAPI meskipun begitu, sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan barang berharga seperti dompet, hape, STNK, cincin berlian dan yang lainnya ke dalam bagasi motor.

Fungsi bodi yang tak kalah penting adalah untuk aerodinamika motor. Meskipun efeknya kecil tapi bentuk streamline pada motor bisa membantu penghematan bahan bakar ketika dipakai menempuh perjalanan jauh.

Bodi juga bisa membantu mengarahkan angin ke bagian mesin untuk membantu proses pendinginan.

Jadi Bodi bukan hanya sekedar pemanis tampilan motor semata, bukan hanya sekedar tempat menempelkan sticker dan aneka gambar tempel dari sponsor, tapi bodi juga memiliki banyak manfaat yang tak terkira.

Please Share Artikel "Fungsi Bodi ternyata Tidak hanya sebagai "Pemanis Buatan" " ini :)

0 Response to "Fungsi Bodi ternyata Tidak hanya sebagai "Pemanis Buatan" "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.