Kombinasi antara POSISI MESIN dan Sistem PENGGERAK RODA pada Mobil

Konstruksi mesin mobil tidak hanya rumit tapi juga njelimet dan perlu perhitungan yang matang sesuai dengan karakteristik mobil yang sedang dibangun.

Pilihan posisi Mesin mobil antara Depan, Tengah atau Belakang pun harus disesuaikan dengan tujuan, misi dan visi sebuah mobil di ciptakan.

Setelah posisi mesin di tentukan, penggerak roda pun perlu di putuskan apakah akan bergerak dengan roda depan, roda belakang atau semua roda.

Berikut ini macam-macam kombinasi antara posisi mesin dengan sistem penggerak roda yang di terapkannya

posisi mesin dan penggerak roda pada mobil otonao

Kombinasi antara posisi Mesin dan Sistem penggerak roda yang diterapkan pada mobil 

1. Front Engine Front Wheel Drive

Ini adalah mobil dengan posisi mesin di Depan dan berpenggerak roda depan. Banyak di temui pada mobil sedan dan beberapa mobil MPV sepertri Ertiga, Nissan Grand Livina, Mitsubishi Xpander, dll.


2. Front Engine Rear Wheel Drive

Banyak di jumpai dari mobil kelas ringan hingga kelas berat. Contohnya MPV sejuta umat yaitu Avanza dan saudara kembarnya lain Bapak - lain Ibu, Xenia.

Tentunya masih banyak lagi contoh mobil bermesin depan - berpenggerak roda belakang karena konfigurasi ini umum digunakan pada mobil produksi masal.


3. Front Engine All Wheel Drive

Biasa di temukan pada mobil kelas SUV, sistem seperti ini memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibanding mobil 4WD, karena beberapa fiturnya cukup kompleks dan melibatkan seperangkat alat elektronik.


4. Front Engine 4 Wheel Drive

Sering kita temukan pada mobil bergaya offroad seperti Hardtop, Jeep dan sejawatnya. Mesin type 4WD dilengkapi dua tuas perseneling di kabinnya. Satu untuk oper gigi satu lagi untuk mengaktifkan mode 2WD, 4WD, 4L, dll tergantung teknologi yang diterapkan oleh mobil yang bersangkutan.


5. Rear Engine Rear Wheel Drive

Posisi mesin di belakang dan berpenggerak roda belakang. Contohnya ada pada mesin VW kodok dan VW Combi serta pada BUS.

Mesin di belakang selain untuk kenyamanan penumpang karena suara mesin tidak masuk ke kabin, juga untuk memaksimalkan kemampuan melewati medan berliku yang naik turun gunung.

Bus dengan mesin di belakang dan berpenggerak roda belakang akan memiliki tenaga yang powerfull dibanding jika mesin didepan - berpenggerak roda belakang.


6. Rear Engine 4WD

Kombinasilayot mesin seperti ini sangat jarang digunakan pada mobil komersil. Porche 959 salah satu contoh mobil yang menerapkannya. 

Mobil ini selain memiliki desain layout dan sistem penggerak yang unik juga memiliki sistem pendingin yang unik pula karena mengkombinasikan dua metode pendinginan mesin yaitu menggunakan udara dan air.

Baca juga :

7. Mid Engine All Wheel Drive

Salah satu layout mesin yang jarang di temukan di jalanan karena tidak banyak yang menerapkannya. Terang saja, karena layout mesin di tengah banyak menyita ruang. Salah satu mobil yang menerapkan sistem layout ini adalah Lamborghini Huracan.


Itulah informasi tentang layout mesin serta kombinasinya terhadap sistem penggerak roda yang di terapkan pada Mobil, Semoga Bermanfaat.

Please Share Artikel "Kombinasi antara POSISI MESIN dan Sistem PENGGERAK RODA pada Mobil" ini :)

0 Response to "Kombinasi antara POSISI MESIN dan Sistem PENGGERAK RODA pada Mobil"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.