Perbedaan mendasar Mobil SUV Dan Crossover yang paling mudah di kenali

Perbedaan yang paling kentara antara SUV dan Crossover adalah pada rangka. SUV menggunakan system Body on Frame yang berarti komponen bodi dan rangka terpisah (bodi nongkrong diatas rangka) sedangkan Crossover menerapkan system Unibody dimana rangka menyatu dengan bodi.

Secara desain biasanya mobil Crossover memiliki Ground clearance yang lebih rendah. Hal ini di pengaruhi juga oleh sistem chasis dimana bodi menyatu dengan chasis tadi. Sehingga jarak ground clearancenya bisa rendah.

Beda dengan mobil SUV yang bodinya di letakan diatas Frame sehingga secara kodrat ground clearance nya akan tinggi tanpa harus sengaja dibuat tinggi.

Jika anda masih belum punya gambaran bagaimana konstruksi body on frame, anda bisa lihat mobil angkot, truk atau bus. Mereka semua pakai sistem bodi on frame.

Sedangkan sistem unibody bisa diintip pada chasis Sedan atau mobil kelas MPV pada umumnya seperti Ertiga, Grand Livina kecuali Avanza/Xenia yang pakai gabungan antara monocoque dan ladder frame.

perbedaan SUV dan Crossover

Secara bentuk desain bodi, biasanya mobil-mobil SUV didesain dengan bentuk macho di tandai lekukan tegas di setiap kesempatan dengan kecenderungan bentuk kotak. Sedangkan pada desain mobil crossover, lekukan bodi masih lebih bernuansa aerodinamis dan membulat.

Tapi makin kesini perbedaan desain bodi ini sudah tidak begitu kentara. Seperti Mitshubishi Outlander yang desain nya mulai futuristik meskipun kesan garangnya tetap terasa.

Chasis body on frame memang cukup berat tapi kekuatannya tidak bisa di sepelekan. Sifat Rigid nya memberi kepastian menuverability karena tidak mudah limbung.

Kemampuan redaman bisa dimaksimalkan tapi sulit mencapai efisiensi penggunaan bahan bakar di banding chasis unibodi.

Sedangkan chasis unibody tentu saja lebih ringan dibanding type Body on frame yang umumnya menggunakan ladder chassis.

Hanya saja chasis unibody tidak setangguh Body on frame khususnya untuk urusan angkat berat dan ketika harus menarik beban berat.

Pilihan mobil SUV antara lain Fortuner, Nissan X-terra, Land Cruiser, dll. Sedangkan Pilihan mobil Crossover (CUV) antara lain Mitshubisihi Outlander, Honda CR-V, Fort Ecosport dll.

Mobil CUV merupakan kendaraan roda empat yang di buat senyaman sedan dengan sedikit tambahan kemampuan Offroad ringan sedangkan mobil SUV adalah mobil offroad berbasis Truk dengan ladder Frame jadi lupakan soal kenyamanan maksimal tapi jangan khawatir saat menghadapi medan offroad.

Jika menginginkan mobil yang mampu menghadapi medan banjir yang rutin datang setiap tahun dan sesekali melewati jalan lintas propinsi yang agak-agak offroad bisa pilih mobil type CUV. Secara tampilan garang tapi kenyamanan tetap terjaga.

Kalau membutuhkan mobil segala medan dengan kemampuan menghadapi lintasan offroad tapi masih nyaman untuk pemakaian dalam kota, mobil SUV bisa di jadikan pilihan. Tampilan dan performa garang, kenyamanan nomor sekian, bukan berarti tidak nyaman hanya saja pointnya dibawah mobil kelas CUV.

Itulah perbedaan yang paling mudah dikenali antara mobil SUV dan CUV, meskipun agak sulit juga mengidentifikasikan kedua jenis kendaraan ini tapi indikasi ground clearance tinggi bisa jadi deteksi awal apakah mobil tersebut menggunakan ladder frame atau monocoque sebagai pondasinya.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment