Tips Menghindari Stress Saat Terjebak Macet

Ketika berkendara di jalan raya, tak jarang kita menemukan area dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi.

Tidak seperti sepeda motor yang ketika macet bisa selap-selip mencari celah tersempit sekalipun. Mobil ketika macet tidak bisa kemana-mana selain menunggu kendaraan didepan bergerak.

Kalau sudah macet, jarak dekat pun terasa jauh, perut kenyang jadi lapar lagi, otak fresh jadi malah mumet. Apalagi kalau saat berangkat sudah mumet, bisa tambah stress dijalan

Sebelum keburu stress karena macet sebaiknya cari tahu hal-hal yang bisa membantu mengurangi stress saat harus terjebak macet.

Berikut ini tips ringan menghadapi macet agar tidak stress dijalan yang bisa memicu tindakan mengemudi yang agresif dan terburu-buru.

1. Atur pernafasan

Sangat sulit menghadapi kemacetan apalagi kalau sedang terburu-buru, rasanya ingin punya kekuatan seperti magneto dan mengangkat semua mobil ke-angkasa agar bisa segera lewat.

Tapi sayangnya itu tidak mungkin, yang paling mudah dilakukan hanyalah mengatur ritme pernafasan agar otak tetap tenang karena tidak kekurangan suplai oksigen.

Inilah tips menghindari stress Saat Terjebak Macet yang paling sederhana yang bisa dilakukan.

Cukup atur nafas setenang mungkin, tidak perlu sampai tarik nafas dalam-dalam bergaya Yoga, karena bisa-bisa malah terlalu banyak menghirup CO2.

Bernafas secara normal dengan ritme yang tetap dijaga, tarik nafas dari hidung keluarkan lewat mulut.

Bila perlu lakukan sambil memanjatkan doa dengan zikir, smarana atau apapun itu namanya sesuai keyakinan masing-masing.

Dengan begini diharapkan pikiran bisa tenang dan lebih sabar dalam menghadapi kemacetan di jalan raya.


2. Berfikir Positif

Saat macet kita biasa berpikiran hal-hal yang diluar jangkauan bahkan untuk hal yang belum/tidak terjadi.

Seperti ‘wahduh kena macet bagaimana nanti kalau terlambat, bagaimana nanti kalau kehabisan bensin, bagaimana nanti kalau … bagaimana nanti jika… dan pikiran was-was yang tak tentu lainnya.

Sebaiknya pikirkan hal-hal positif atau nikmati momen yang sekarang ini di hadapi yaitu macet. Amati sekitar anda mungkin ada sesuatu yang menginspirasi untuk bisa diterapkan dalam kehidupan anda.

Mungkin saat anda melihat mobil orang lain dengan stiker lucu jadi kepikiran wah asik kali kalau nempel stiker lucu biar bisa menghibur orang kalau pas macet.

Atau anda punya usaha kuliner, bisa juga di buatkan stiker dan di tempel di mobil biar semua orang bisa lihat, kan lumayan promosi sambil macet.

Jadi jangan bebani pikiran dengan hal-hal negatif saat menghadapi macet karena akan malah bikin stress.


3. Atur posisi senyaman mungkin

Ketika anda menyadari bahwa perjalanan anda kali ini akan memakan waktu cukup lama karena macet berkepanjangan.

Sudah waktunya anda memperbaiki posisi tempat duduk. Agar tidak stress saat macet, buat posisi duduk senyaman mungkin agar sirkulasi darah lancar. Karena ketika suplai darah ke otak berkurang maka akan mudah menimbulkan stress.

Mungkin perlu sedikit memundurkan kursi agar kaki bisa sedikit lurus sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.


4. Mendengarkan Musik

Untuk menenangkan pikiran, anda mungkin perlu bantuan musik. Musik terbukti ampuh mempengaruhi psikologis seseorang, apalagi ketika menghadapi macet yang tak terkira.

Pilih musik favorit yang anda yakini bisa membuat anda tenang. Setiap orang memiliki “rasa” tersendiri soal musik, mungkin anda lebih tenang ketika mendengarkan musik keroncong, atau lebih merasa nyaman ketika mendengarkan suara Via Vallen dengan cengkok khasnya atau malah merasa rileks dengan betotan string bass Reginald Arvizu.

Selain musik, anda juga bisa mendengar siaran radio favorit yang dibawakan penyiar radio favorit untuk membantu anda tenang selama di perjalanan.


5. Keep Safety Driving

Sangat penting untuk tetap berkendara dengan aman ketika keadaan lalulintas sedang macet. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan didepan.

Tetap tenang meskipun kendaraan di belakang anda membunyikan klakson bertalu-talu, anggap saja dia baru beli aki baru dan ingin pamer, atau baru punya mobil baru. Biasalah, orang kalau punya barang baru kan pengennya di pake terus. 

Biasanya saat mobil didepan terlihat bergerak, yang di belakang langsung membunyikan klakson menyuruh kita untuk segera ikut bergerak.

Saat seperti ini tetaplah tenang dan jalankan mobil dengan santai tidak perlu terpancing emosi yang malah bisa bikin anda stress apalagi kalau sampai ribut dijalan, urusannya malah tambah panjang.

Sangat penting untuk tetap menjaga jarak aman apalagi jika jalan yang terkena macet memiliki kontur mendaki beri ruang untuk mobil didepan agar bisa ancang-ancang ketika akan berjalan.

Tips Menghindari Stress Saat Terjebak Macet


Itulah tips sederhana menghindari stress saat menghadapi macet semoga bermanfaat dan semoga kita semua mendapat perlindungan dari yang Maha Kuasa selama menempuh perjalanan.

Berbagai strategi populis maupun praktis sudah di coba terapkan untuk mengatasi macet di kota besar, tapi kemacetan tetap saja terjadi karena memang pola mengatasi masalahnya kurang tepat.

Jika diamati, macet terjadi karena volume kendaraan tidak sebanding dengan luas jalan yang ada. Panambahan ruas jalan dengan menggusur rumah-rumah penduduk merupakan solusi singkat yang sering menjadi jalan keluar.

Terkadang menjadi ironi ketika kebutuhan Primer (rumah) harus dikalahkan oleh kebutuhan Sekunder bahkan Tersier (kendaraan).

Mungkin karena rumah tinggal dianggap tidak produktif di banding jalan raya yang bisa menjadi sarana pembangunan ekonomi suatu daerah.

Sebaiknya dibuat batasan mobil yang boleh berkeliaran dijalan, lebih dari 10 tahun harus dikandangkan, trade in dengan yang baru atau di timbang (jual perkilo di tukang loak).

Ratusan ribu mobil dan motor keluar dari diler setiap tahunnya dan semakin tahun semakin menumpuk di jalanan karena tidak ada batasan umur kendaraan bermotor yang boleh mengaspal atau belum ada regulasi yang tepat untuk menanggulanginya.

Bayangkan bagaimana perasaan orang-orang yang rumahnya tergusur hanya untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna kendaraan bermotor yang tiada habisnya.

Please Share Artikel "Tips Menghindari Stress Saat Terjebak Macet" ini :)

0 Response to "Tips Menghindari Stress Saat Terjebak Macet"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.