Tips merawat Wiper pembersih kaca mobil

Masalah klasik pada wiper adalah bunyi mendecit atau bergetar drrt..drrtt lompat-lompat diatas kaca mobil.

Ketika ini terjadi pada mobil anda, menandakan ada masalah dengan karet Wiper, mungkin kondisinya sudah tidak bagus.

Wiper termasuk perangkat safety yang sangat membantu ketika mobil harus melakukan perjalanan saat hujan turun.

Bayangkan jika mobil tanpa wiper, penglihatan pengemudi akan terhalang air hujan yang menerpa kaca depan mobil sehingga sulit melihat sesuatu didepannya.

Wiper dapat bergerak bolak-balik didepan dan belakang kaca mobil karena adanya motor listrik sebagai sumber penggeraknya.

Gerakan wiper ini berguna menghapus air yang menempel di kaca mobil depan saat hujan.

Kecepatan gerakan wiper biasanya bisa dipilih dari tiga tingkat kecepatan, pelan sedang dan cepat. Ini untuk menyesuaikan intensitas air hujan yang turun.

Pada setangkai rangkaian wiper, ada karet wiper yang kontak langsung dengan kaca depan mobil, dan ternyata karet ini bisa bermasalah juga. Sedangkan secara mekanis, sebuah wiper jarang sekali mengalami kerusakan.

wiper mobil otonao

Untuk menjaga karet wiper tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya, perlu dilakukan perawatan ringan.

TIPS MERAWAT WIPER KACA MOBIL

Periksa karet wiper secara rutin atau setidaknya setiap kali anda mencuci mobil. Wiper juga perlu Perawatan, jangan di cuekin.

Masalah pada karet wiper adalah perubahan sifat yang menjadi kering mengeras dan getas. Sedangkan karet wiper seharusnya elastis, lentur dan keset agar dapat mengusap air dengan sempurna tanpa sisa.

Jika karet wiper masih lentur, semprotkan air untuk membersihkannya, kalau perlu gunakan cairan khusus karet wiper untuk menjaga kelenturannya.

Kalau karet wiper sudah keras, alangkah baiknya segera diganti apalagi kalau permukaannya sudah gupil. Tapi jika ingin menggantinya, pastikan sudah mendekati musim penghujan.

Kalau beli dan gantinya saat masih musim kemarau, khawatirnya nanti ketika musim hujan tiba, karet wiper sudah menurun kualitasnya karena sering terjmur panas dan kurang perawatan.

Sebelum mengganti Wiper Pastikan anda mengetahui ukuran karet wiper yang akan diganti. Jika anda perhatikan, ada beberapa type mobil yang panjang karet wipernya tidak sama antara kanan dan kiri, pastikan anda sudah mengetahui ukuran panjang blade wiper mobil anda.

Ketahuilah bahwa karet wiper tidak diganti dengan tangkainya, melainkan hanya pada bagian karet yang terikat langsung dengan rangkanya. Biasa dikenal dengan Blade Wiper yang kini ada pilihan Frameless alias tanpa rangka.

Melepas karet wiper relatif mudah, anda bisa membaca panduannya pada kemasan karet wiper yang dibeli. Tidak akan butuh waktu seharian untuk menggantinya dan anda bisa melakukannya sendiri dirumah.

Tips selanjutnya adalah, hindari parkir dibawah terik matahari. Karena karet wiper bisa menjadi getas dan keras saat terlalu sering kena panas.

Kalau memungkinkan, tekuk keatas bilah wiper agar tidak menempel si kaca mobil saat harus parkir si bawah panas matahari.

Tips merawat wiper selanjutnya adalah dengan kebiasaan menyemprotkan air sebelum mengaktifkan wiper ketika akan membersihkan debu di kaca mobil.

Baca juga : Tips merawat Washer

Wiper memang tampak sepele karena hanya akan sering di pakai saat hujan. Tapi wiper juga bisa rusak kalau di cuekin.

Jadi ingat selalu bahwa Wiper juga perlu Perawatan, jangan di cuekin. Karena tak sedikit pemilik mobil yang melewatkan sentuhannya pada bagian ini.