Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Lampu berteknologi LED mulai populer digunakan pada setiap perangkat yang membutuhkan sumber cahaya. Tidak ketinggalan pada produk otomotif.

LED banyak di gunakan pada kendaraan keluaran terbaru selain sebagai lampu penerangan tambahan seperti lampu kabin lampu parkir, lampu sign LED, DRL (Daylight Running Lamp) juga mulai banyak digunakan sebagai lampu utama dengan perhitungan yang tepat tentunya.

Kelebihan Lampu LED

1. Lebih hemat daya

LED dikenal membutuhkan daya yang relatif kecil bebrapa sumber mengatakan bahwa lampu LED bisa menghemat penggunaan daay baterai hingga 50% dibanding bohlam lampu biasa.


2. Tidak Panas

Lampu LED relatif tidak sepanas lampu bohlam biasa saat beroperasi sehingga komponen seperti rumah lampu dan sekitarnya tidak terpengaruh akan panas yang dihasilkan lampu utama. Pada lampu LED merk tertentu, telah dilengkapi dengan kipas dan heatsink untuk melepas panas.


3.Tahan Lebih Lama

Karena LED tidak menghasilkan panas tinggi, ini membuatnya lebih tahan lama. Karena kita ketahui bersama bahwa panas juga bisa mempengaruhi daya tahan suatu perangkat listrik/elektronik.


4. Desain lebih fleksible

Jika digunakan sebagai lampu rem atau lampu sign, desainnya bisa dibentuk sesuka hati. Karena lampu Led bisa disusun dan di kombinasikan menyesuaikan desain dan aliran kendaraan.


5. Ramah Lingkungan

Lampu LED tidak mengandung mercury dan bisa di daur ulang jadi lebih ramah lingkungan.

lampu headlight LED

Kekurangan Lampu LED

1. Menghasilkan Cahaya Putih

Jika tidak dipasang dengan benar, lampu LED dapat membahayakan pengguna jalan lain yang berpapasan dengannya.

Karena lampu LED menghasilkan cahaya putih yang dapat menyilaukan dan membuat Flash blindness bagi yang terpapar cahaya LED dari lampu utama.


2. Lebih Mahal

Lampu LED lebih mahal dibanding lampu bohlam biasa, itu karena teknologi ini masih cukup mahal karena tergolong barang baru


3. Lebih Ruwet

Kalau lihat lampu LED untuk mobil/motor, anda seperti sedang melihat komponen CPU komputer Desktop karena distu akan terlihat heatsink dan fan pendingin, khas seperti yang terlihat pada VGA atau semacamnya di PC.


4. Mati Satu ganti Semua

Lampu LED untuk kendaraan bermotor terdiri dari rangkaian beberapa LED yang di satukan dengan komponen penunjangnya. Ketika sebutir lampu LED mati maka harus ganti semuanya.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment