Sebab-sebab Body Motor berGetar Dan Cara Mengatasinya

Masalah yang sering dihadapi oleh bodi plastik adalah getaran. Bodi bergetar bisa disebabkan karena benturan, sering melewati jalan berlubang, atau kerusakan pada sistem suspensi serta penggunaan tekanan ban yang tidak sesuai (terlalu keras).

Suara getaran dari bodi bisa mengganggu kenyamanan mengemudi, rasanya ada intonasi yang tidak pas dalam sebuah ritme nada. Seperti ada suara Fals mencuat di tengah merdunya koleksi Timbre dari grup paduan suara.

Getaran itu sangat mengganggu dan perlu segera diatasi sebelum semakin menjadi. "drrt...drtt.drrtt"

Untuk mengatasinya anda harus tau darimana sumber suara berasal. Bodi motor masa kini tidak semuanya diikat dengan baut, ada yang hanya berupa kancing berbahan plastik model klip yang bisa di buka pasang dengan di tekan tanpa perlu obeng.

Kancing model begini ini sebenarnya bisa membuat bodi lebih awet karena sama-sama berbahan plastik sehingga tidak membuat bodi aus saat mereka bergesekan.

Beda dengan jika menggunakan baut berbahan baja, ketika baut dan lubang bodi bergesekan maka yang kalah adalah lubang bautnya karena terbuat dari plastik.

Akhirnya ikatan baut menjadi longgar karena lubang bautnya melebar akhirnya bergetar

Setelah ketemu sumber masalahnya, lihat penyebab bodi bergetar apakah ada bautnya yang lepas longgar atau malah pengaitnya patah.

Ada bagian bodi yang saling berkaitan dan biasanya dilapisi semacam karet tipis untuk membuatnya senyap. Mungkin karet atau gabus ini terlepas atau sudah kempes.

Jika lubang baut di bodi sudah longgar, sehingga baut bodi tidak bisa mengikat sempuna, lapisi dengan karet ban dalam yang di bentuk ring atau karet tabung gas LPG. Paling ideal menggunakan karet tabung gas LPG karena bantuknya sudah proporsional tinggal disesuaikan ketebalannya.

Jadikan karet tabung LPG sebagai ring pengganjal agar bodi bisa terikat kuat tapi tidak kontak langsung dengan dudukannya yang mungkin terbuat dari besi dan membuatnya aus saat bergesekan. Karet ini juga bisa meredam bodi dari bergetar akibat guncangan jalan.

karet LPG untuk ganjal baut bodi motor otonao


Jika ada ditemukan bagian bodi yang retak sebaiknya segera dilem sebelum patah, kalau sudah terlanjur patah segera disambung sebelum patahannya hilang karena jatuh dijalan.

Untuk mengelem bodi motor yang patah atau retak anda bisa menggunakan lem alteco atau lem G, pastikan untuk menggunakan yang asli. Karena produk ini sangat terkenal, tidak sedikit yang kreatif menciptakan produk aspal-nya.

Produk aspal biasanya tidak bisa disimpan dalam waktu lama karena akan kering. Sedangkan yang asli tetap cair meskipun disimpan dalam waktu lama tanpa harus dimasukan dalam kulkas sekalipun.

Setelah Lem-nya siap, siapkan juga bahan rahasia sebagai penunjang kekuatan hasil pengeleman nantinya.

Bahan rahasianya adalah gabus filter rokok atau abu bekas kayu bakar biasa digunakan untuk abu gosok, peranti tambahan untuk cuci panci / belanga / wajan. "ini rahasia, jangan bilang sapa-sapa".

Caranya, tempelkan kedua area bodi motor yang patah dengan bantuan lem alteco. Kemudian taburkan atau lekatkan gabus filter rokok atau abu gosok ke atas permukaan sambungan bodi (bodi bagian dalam). Kemudian lapisi dengan lem alteco secukupnya.

Untuk lebih detilnya bisa lihat : Cara Menyambung Bodi Motor yang Patah

Proses ini akan menghasilkan panas dan asap maka berhati-hatilah, jauhkan mata wajah dari area pengeleman, jangan sampai asapnya terkena mata bisa perih.

Ulangi proses pelapisan tadi hingga 2-3 kali atau sampai dirasa bodi sudah tersambung sempurna. tunggu hingga lem mengering dan lalu pasang kembali bodi ke motor.

Please Share Artikel "Sebab-sebab Body Motor berGetar Dan Cara Mengatasinya" ini :)

0 Response to "Sebab-sebab Body Motor berGetar Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.