Tips paling Gampang menjaga Power Window tetap Awet

Mobil yang telah dilengkapi Power Window tampak keren dan praktis daripada mobil dengan jendela engkol yang konvensional namun antik.

Sistem power window perlu dijaga agar tetap awet dan bekerja sempurna tanpa hambatan.

Merawat power window sebenarnya gampang, tapi sistem buka tutup jendela ini sering diabaikan.

Ketika terjadi masalah seperti macet, mati atau seret barulah sadar pentingnya menjaga power window agar tetap awet.

Masalah yang terjadi pada power window bukanlah skala major pada mobil karena mobil tetap bisa dioperasikan meskipun power window macet.

Dan membawanya ketempat servis dan memperbaikinya bukanlah perkara sulit meskipun biayanya pun tidak bisa dibilang murah.

power window otonao

Untuk menjaga power window tetap awet, berikut ini Tips paling gampang yang bisa di terapkan pada mobil anda.

Cek kinerja Power Window

Anda bisa mengamati kerja power window saat bersih-bersih mobil. Cek naik turunnya kaca apakah ada tanda atau gejala macet, seret yang membuat kinerjanya terganggu.

Jika terlihat mulai tersendat-sendat sebaiknya lakukan antisipasi dini agar power window tetap awet.

Lakukan pengecekan ini setidaknya 6 bulan sekali atau setiap kali anda mencuci mobil sendiri dirumah.


Cek perangkat Power Window

Periksa kondisi perangkat Power Window mulai dari karet channel pintu (Run Glass), saklar dan motor penggerak kaca beserta mekanismenya.

Pengamatan paling mudah untuk menjaga power window tetap awet adalah melihat kondisi karet channel pintu (Run Glass). Karet ini biasanya yang paling sering menyebabkan kaca tersendat-sendat ketika bergerak naik / turun.

Cek kondisi rel kaca apakah masih dalam kondisi baik dan dapat menahan kaca jendela dari bergetar. Getaran pada kaca bisa mengganggu kinerja mekanisme power window sehingga membuat gear yang ada didalamnya menjadi oblak.

Anda bisa memeriksanya dengan menurunkan kaca hingga setengah, kemudian goyangkan kaca dengan memegang bagian atas kaca. Jika goyangan nya cukup besar sebaiknya ganti rel kaca dengan yang baru.

Untuk menjaganya tetap optimal, rawat dengan menyemprotkan cairan silikon khusus untuk karet pintu mobil secara berkala.

Jika melihat gerakan kaca yang mulai terganggu, amati karet kaca ini mungkin saja elastisitasnya sudah menurun dan perlu diganti.

Sistem mekanisme power window sendiri sebenarnya cukup terlindungi dari faktor luar karena letaknya tertutup rapat dibalik trimdoor.

Jadi memang bisa dibilang relatif cukup awet selama penggunaannya normal dan tidak macet yang membuat kerja motor berat dan berpotensi rusak karena sirkuitnya terbakar.

Tapi pada kendaraan yang sudah berumur, sebaiknya penambahan stempet/grease/gemuk pada gear motor dan mekanis power window perlu di lakukan untuk menjaga gesekan antar komponen mekanisme power window tetap terlindungi dari keausan.


Gunakan power window dengan bijak

Power window memang memudahkan proses buka-tutup kaca jendela, hanya dengan menekan tombol, kaca pun dapat terbuka atau tertutup dengan mudah.

Tak jarang, ini.menjadi bahan mainan penumpang anak-anak, pada kondisi seperti ini manfaatkan fitur central lock agar kaca jendela hanya bisa dibuka dari sisi supir.

Kaca jendela yang sering dinaik/turunkan dalam waktu singkat bisa membuat motor panas dan cepat rusak.

Selain itu saklar power window juga bisa cepat rusak, ketika kaca jendela tidak bisa di naik/turunkan bahkan lewat saklar utama maka kemungkinan saklar power window rusak.

Menaik/turunkan kaca jendela pun perlu memperhatikan kondisi jalan dan kondisi kaca mobil apakah penuh debu atau kotoran.

Jika kondisi jalan berdebu sebaiknya kurangi menaik/turunkan kaca agar menjaganya tetap awet.


Itulah tips paling gampang untuk menjaga power window agar tetap awet. Anda bisa melakukan pengecekan ringan secara berkala ketika mengelap dan membersihkan mobil sendiri di rumah.

Ketika di temukan terdapat gangguan, segera lakukan antisipasi atau perbaikan jika diperlukan, agar gangguan tersebut tidak merembet ke perangkat lain.

Please Share Artikel "Tips paling Gampang menjaga Power Window tetap Awet" ini :)

0 Response to "Tips paling Gampang menjaga Power Window tetap Awet"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.