Tips Mengemudi Mobil saat Malam Hari

Terkadang kita perlu melakukan perjalanan jauh saat malam hari. Perjalanan malam tentu lebih menantang dan lebih berbahaya karena keterbatasan penglihatan akibat gelap menjadi salah satu tantangan.

Metabolisme tubuh saat malam sejatinya adalah waktunya untuk beristirahat. Oleh karena itu ketika harus melakukan perjalanan jauh di malam hari menggunakan kendaraan bermotor, kondisi tubuh harus benar-benar prima.

Respon tubuh saat malam hari akan sedikit menurun, jarak pandang dan perspektif terhadap benda di sekitarnya juga akan menurun.

Kondisi jalan menjadi sulit terlihat pada malam hari jikalau selama perjalanan menghadapi cuaca yang hujan atau berkabut sehingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Selain kondisi tubuh harus Fit, kondisi kendaraan juga harus di periksa untuk meastikan semua dalam kondisi siap jalan.

Persiapan sebelum melakukan perjalanan malam hari

Kondisi Mobil

Pastikan kondisi mobil dalam keadaan fit dari mulai mesin, kaki-kaki, dan lampu, periksa semua lampu indikator di mobil berfungsi baik.

Lampu rem, lampu sein, lampu mundur yang menjadi media komunikasi dengan pengguna jalan lain haruslah berfungsi normal.

Pastikan juga nyala lampu sesuai standart yang ditentukan, misalnya lampu sein warna kuning, lampu rem warna merah dan lampu atret warna putih jangan di balik-bolak, bisa buat orang lain salah paham.


Peralatan Darurat

Dongkrak, konci roda, segitiga pengaman, ban serep harus siap di mobil lengkapi juga dengan peralatan standart lainnya seperti obeng, tang, kabel Jumper dan kawan-kawannya.


Periksa Lampu Utama

Lampu utama menjadi penerang jalan saat malam hari. Pastikan lampu mobil anda menyala terang dengan arah yang benar.

Tidak hanya sekedar terang, lampu depan harus menyorot kearah yang benar agar bisa menerangi tapi tidak mengganggu (menyilaukan) pengguna jalan lain.


Lapisi Kaca Depan

Karena jalan malam mungkin saja udara bisa cukup dingin, apalagi kalau jalur anda melewati pegunungan. Cegah kaca depan berembun dengan melapisinya menggunakan anti embun atau anti kabut.

Mengemudi Mobil saat Malam Hari


Tips Mengemudi Malam Hari

Manfaatkan lampu jauh

Saat kondisi jalan sangat gelap dimana tidak ada penerangan jalan umum dan jalan cukup sepi, gunakan lampu jauh agar jarak pandang bisa lebih jauh. Tapi ketika dari arah berlawanan ada kendaraan lain segera beralih ke lampu dekat.

Lampu jauh juga bisa dijadikan media komunikasi dengan pengendara lain. Namun tetap harus perlu sekali di perhatikan ketika menggunakan lampu jauh karena bisa mengganggu pengguna jalan lain baik yang berada di jalur berlawanan maupun yang berada di depan kita.


Jaga jarak

Tips mengemudi Mobil saat malam hari selanjutnya adalah selalu berusaha mejaga jarak aman. Sangat penting untuk menjaga jarak aman kendaraan dengan kendaraan yang ada di depan.

Jarak aman kendaraan saat malam hari seyogyanya lebih jauh dari pada siang karena kemampuan respon tubuh dan kemampuan mata menilai jarak benda yang sebenarnya pada malam hari akan menurun.


Menghindari Silau


Saat jalan malam kita tidak akan terlepas dari namanya silau. Silau akibat lampu milik kendaraan lain dari arah berlawanan yang mau menang sendiri dengan lampu warna putihnya yang menyorot terlalu tinggi.

Saat berhadapan dengan kendaraan seperti ini sebaiknya kurangi kecepatan dan arahkan pandangan ke sisi jalan yang jauh dari sumber cahaya tersebut namun tetap dapat membuat anda melihat arah dan kondisi jalan di depan.


Istirahat

Istirahat adalah Tips mengemudi mobil saat malam hari yang tidak boleh di abaikan. Jalan jauh malam hari pasti melelahkan, khususnya mata. Jadi jangan di paksakan, kalau lelah mendera, segera istirahat.

Cari tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat seperti di Pompa Bensin atau tempat umum yang cukup ramai.


Parkir

Mungkin perjalanan anda masih cukup jauh dan perlu parkir sejenak di bahu jalan atau di pompa bensin untuk sekedar beristirahat atau membeli camilan di kios pinggir jalan.

Perhatikan kondisi tempat anda memarkirkan kendaraan, pastikan lokasinya terpapar cahaya lampu dan mudah terlihat dari posisi anda.

Usahakan jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil, dan kunci semua pintu serta aktifkan alarm sebelum meninggalkan mobil.

Saat anda kembali ke mobil, periksa kembali seluruh bagian mobil, sekedar antisipasi kalau-kalau ada penyusup masuk kedalam mobil. Yaa sekedar pencegahan saja meskipun terkesan parno.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment