Apa sebenarnya fungsi karet diatap mobil

Pada beberapa jenis mobil terdapat hiasan list di bagian atap kanan-kiri yang memanjang dari depan kebelakang.

Tidak hanya sebagai pemanis tampilan eksterior mobil tapi karet list ini juga memilikii fungsi lain yang tak kalah penting.

Apa saja sebenarnya fungsi dari list karet yang ada di atap mobil?

Sebagai talang air

Agar ketika turun hujan, air yang menerpa atap mobil bisa diarahkan sehingga tidak mengalir random yang semakin sulit di prediksi dan bisa-bisa malah masuk keruang kabin.

Ketika mobil anda sering kemasukan air saat hujan bisa jadi dikarenakan kondisi list karet diatas mobil anda sudah getas atau terlepas dari dudukannya.

Jika memang sudah getas sebaiknya segera ganti, kalau hanya terlepas mungkin anda bisa mengelemnya menggunakan lem silikon untuk kaca mobil.

karet list diatas mobil


Untuk menutupi sambungan bodi

Beberapa tipe bodi mobil memiliki konstruksi yang terpisah antara sisi kanan dan bodi utama yaitu bagian tengah mobil yang terdiri dari atap dan pilar utama.

Proses penggabungan setiap bagian bodi biasanya menggunakan metode las ada juga beberapa bagian yang menggunakan tipe keling atau baut.

Posisi sambungan ini salah satunya adalah pada bagian atap. Untuk menutupi sambungan las tersebut maka digunakan list karet karena mungkin metode ini dianggap paling praktis tanpa mengurangi estetika mobil.


Sebagai pemanis

Penempatan list karet ini bisa jadi pemanis tampilan mobil, yaa tampil manis memang relatif tapi dari pada memperlihatkan bekas las sambungan bodi tentu akan mengurangi nilai estetika mobil itu sendiri.


Itulah fungsi karet list yang ada diatap mobil. Part ini memang sering terabaikan karena tidak terlalu terpengaruh banyak terhadap kinerja mobil secara keseluruhan.

Tapi tidak ada salahnya juga dirawat dan diperiksa kondisinya apakah masih baik atau sudah getas.

Kalau sudah getas mungkin perlu dipertimbangkan untuk diganti agar air hujan tidak menyusup masuk kebawahnya yang bisa menjadi sumber korosi pada bodi mobil.

Karet list ini biasa dijual di kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan tergantung merk dan type mobil.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment