Mulai sekarang Anda harus membiasakan diri dengan istilah Elektro

Bagi pecinta Otomotif, Mulai sekarang anda harus membiasakan diri dengan istilah elektro yang menghiasi spesifikasi sebuah kendaraan.

Kita ketahui bersama bahwasanya perkembangan otomotif dunia saat ini mulai mengarah ke kendaraan bertenaga listrik.

Memang kalau di analisa, perubahan dari mesin konvensional ke mesin listrik belum akan terjadi dalam waktu dekat ini mengingat efek dominonya akan sangat terasa dalam bisnis otomotif dunia.

Namun penggunaan mesin listrik yang lebih ramah lingkungan tidak bisa ter-elak-kan lagi.

Lihat saja ajang Balap kelas dunia seperti balap motor dan mobil yang sudah mulai memiliki pilhan kelas khusus untuk mobil listrik.

Ada Formula E dan EGT (Electric GT Championship) di kelas roda empat dan tahun 2019 ada Moto-E World Cup yang menjadi kelas balap di MotoGP yang di promotori oleh Dorna.

Baca juga :
Jadi mulai sekarang anda harus membiasakan diri dengan istilah-istilah dari Disiplin Ilmu Elektronika dan Teknik Listrik yang selama ini mungkin kurang familiar di Dunia Otomotif.

Pasalnya anda akan mulai sering mendengar spek kendaraan yang berbeda dari biasanya. Seperti ; motor listrik model Axial Flux, baterai 60 Volt/32 Ampere, Fast Charging, Range per Charge, dll.

Istilah tersebut sangat identik dengan dunia Elektronik dan Listrik.

spek motor listrik

Sebagian istilah mungkin tidak sulit dipahami karena sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti Fast Charging yang sudah menjadi teknologi umum di dunia Ponsel. Begitupun dengan istilah Volt dan Ampere.

Tapi selain istilah tersebut diatas, masih banyak lagi istilah lain yang tergolong baru di dunia Otomotif seperti spek mesin yang di informasikan dalam bahasa yang jauh berbeda.

Jika biasanya kita lebih familiar dengan spek 4 silinder DOHC 2.500 CC, maka di kendaraan listrik akan sangat berbeda seperti Dual Motor Axial Flux 60 Volt.

Atau jika di mobil/motor konvensional akan ada informasi komsumsi bahan bakar seperti; jarak tempuh per liter. Maka di mobil/motor listrik akan mejadi Range per Charge.

Jadi mulai sekarang biasakan diri anda dengan istilah-istilah dari Teknik Elektro dan Teknik Listrik agar mudah memahami informasi yang dimiliki oleh Mobil atau Motor Listrik yang ingin anda beli.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment