Keunggulan & Kelemahan Mesin Diesel dibanding Mesin Bensin, yang terakhir bikin Nerveus

Mesin Diesel saat ini masih banyak di gunakan pada kendaraan roda empat baik yang skala besar seperti Truk dan Bus hingga skala menengah dan kecil seperti SUV dan Sedan.

Meskipun untuk kelas menengah kebawah populitasnya tidak sebanyak mesin bensin tapi mesin Diesel masih tetap dilirik menyusul berbagai teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan mesin Diesel.

Dalam penerapannya, mobil Diesel bisa terpaut 30 jutaan di banding mesin bensin tapi mesin Diesel memiliki berbagai keunggulan serta kelemahan dibanding mesin Bensin

Keunggulan Mesin Diesel dibanding Mesin Bensin

1. Irit

Kelebihan paling mencolok yang dimiliki mesin Diesel di banding bensin adalah soal keiritan konsumsi bahan bakar. Mesin diesel bisa menempuh jarak 25-30% lebih jauh dibanding mesin bensin dengan kapasitas yang sama.


2. Kuat

Mesin Diesel terkenal kuat karena Torsinya besar di banding mesin bensin untuk ukuran mesin yang sama.


3. Awet

Komponen mesin Diesel memiliki struktur yang lebih kuat daripada mesin bensin, sehingga lebih awet.


4. Efisien

Mesin Diesel mampu mengkonversi 45-50% bahan bakar menjadi energi listrik sedangkan mesin bensin hanya bisa mengkonversi 25-30% bahan bakar menjadi listrik.


5. Aman

Aman, karena Solar yang menjadi bahan bakar mesin Diesel sifatnya tidak mudah terbakar. Perlu di ketahui, bahwasanya pada mesin Diesel tidak terdapat busi yang berfungsi memercikan bunga api agar solar terbakar.

Solar di ruang silinder bisa terbakar karena panas yang tinggi akibat tekanan kompresi. Tekanan rasio kompresi mesin Diesel bisa mencapai 22 : 1, bandingkan dengan mesin bensin yang maksimal hanya 14 : 1 milik Mazda CX-5 SKYACTIV.

Keunggulan & Kelemahan Mesin Diesel

Kelemahan Mesin Diesel dibanding Mesin Bensin

1. Mahal

Coba bandingkan harga Innova versi Bensin dan Diesel, selisih keduanya bisa mencapai 30 juta.


2. Polusi

Mesin Diesel menghasilkan Polusi lebih banyak di banding mesin bensin bahkan dengan teknologinya yang canggih saat ini.

Bahkan Jerman sempat di mendapat peringatan dari Uni Eropa karena Polusi yang diindikasi berasal dari mesin Diesel yeng belum memenuhi standart EURO 5 dan EURO 6.


3. Penyalaan lama


Glowplug harus ditunggu hingga panas pada mesin diesel jadul, ini membuat proses menyalakan mesin diesel lebih lama dibanding mesin bensin.

Glowplug adalah semacam pemanas ruang bakar agar mesin mudah di hidupkan saat dingin. Alat ini akan menyala sat kontak di putar keposisi ON dan pengemudi harus menunggu hingga GlowPlug siap ditandai dengan lampu indikator di dashbord menyala.

Alat yang biasa dikenal dengan nama Busi Pijar ini akan tetap menyala hingga mesin diesel sudah mencapai suhu kerjanya,maka alat ini akan mati otomatis.


4. Kurang responsif

Dibanding mesin bensin, mesin diesel kurang responsif untuk urusan akselerasi dan top speed.


5. Berisik

Suara khas dari mesin Diesel saat beroperasi begitu terdengar dan selain suara berisik, mesin Diesel juga memiliki getaran yang lebih besar daripada mesin bensin.


6. Onderdil mahal

Karena bahan-bahan komponen mesin Diesel harus dibuat sekuat mungkin maka komponen nya lebih mahal di banding mesin bensin. Bandingkan saja Filter Oli Innova bensin dan Innova Diesel harganya bisa terpaut 50%


7. Dieseling

Biasa juga di sebut dengan Diesel Runaway Engine, fenomena ini sering di jumpai pada mesin diesel. Ketika kunci kontak sudah di putar ke OFF, tapi mesin masih tetap hidup bahkan malah berputar semakin tinggi hingga RPM maksimum.

Baca juga : Dieseling, Kontak OFF, Mesin tetap ON

Mesin akan terus menyalak sambil mengeluarkan kepulan asap putih dari sekitaran knalpot dan mesin terus berteriak hingga bahan bakar habis atau komponen mesin mengalami kerusakan, bagaikan masuk ke Self Destruct Mode.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment